Rabu 05 Jun 2024 16:15 WIB

Operasional UMKM Bisa Lebih Mudah dengan Generative AI

Dengan menggunakan generative AI, data bisa dikelola lebih aman dan adaptif.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Erik Purnama Putra
Pengunjung melakukan transaksi secara digital saat bertransaksi.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pengunjung melakukan transaksi secara digital saat bertransaksi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tantangan UMKM pada era digital berkaitan dengan sumber daya terbatas, namun dituntut untuk memberikan dukungan pelanggan yang cepat dan efektif. Salah satu upaya agar UMKM bisa ikut berlari mengejar perkembangan teknologi, adalah melibatkan generative AI dalam menjalankan operasional.

Dengan menggunakan generative AI, data bisa dikelola lebih aman, adaptif dan lebih bisa dipertanggungjawabkan. Para pengusaha UMKM juga bisa lebih aman dan tetap terjaga privasinya, ketika hendak mengembangkan usahanya.

"Kita bisa gunakan manfaat dari generative AI yang digunakan untuk mendukung kegiatan sehari-hari. Dengan adanya AI, ini membantu kehidupan manusia," ucap Partner Organization Leader ASEAN at Amazon Web Services (AWS), Kirsten Gilbertson dalam konferensi pers di Jakarta, dikutip Rabu (4/6/2024).

Maka dalam memilih generative AI yang tepat, kata Kirsten, UMKM harus berhati-hati. Misalnya, bisa menggunakan Redpumpkin Generative AI Assistant Platform, yang dibuat dengan menggunakan layanan Amazon Web Services (AWS), sehingga dapat memberikan kemudahan dari sisi implementasi, harga yang terjangkau, dan performa yang kuat.

CEO dan Pendiri ICS Compute, Budhi Wibawa menjelaskan, melalui layanan cloud AWS, ICS Compute menyediakan solusi yang terjangkau, cepat diimplementasikan, dan kuat. Hal itu memungkinkan UMKM mengakses teknologi canggih sesuai kebutuhan mereka. 

"Redpumpkin Gen AI Assistant, jadi solusi untuk bisnis yang ingin meningkatkan layanan pelanggan, otomatisasi tugas, dan produktivitas," ujar Budhi dalam kesempatan yang sama.

Menurut dia, dibangun di atas infrastruktur Amazon Bedrock dan menggunakan model Anthropic, Redpumpkin memastikan keamanan dan privasi data pelanggan dengan service level agreement (SLA) uptime terbaik dan menerapkan protokol backup serta pemulihan sesuai best practice.

Dengan alat intuitif dan template yang dapat dikustomisasi, UMKM dapat dengan mudah membuat asisten virtual yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Template tersebut dapat disematkan langsung ke situs web pelanggan, memastikan integrasi yang mulus.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement