Jumat 31 May 2024 20:30 WIB

Polemik Fenomena Penetrasi Salafi ke Masjid-Masjid dan Respons Muhammadiyah

Fenomena Salafi 'kuasai' masjid-masjid Muhammadiyah sempat jadi polemik di medsos.

Jamaah melaksanakan shalat tarawih di Masjid Raya Uswatun Hasanah, Jakarta Barat. Belakangan di media sosial muncul polemik masjid-masjid Muhammadiyah 'dikuasai' kelompok Salafi.
Foto:

Sebelumnya, dosen Studi Agama-Agama, Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Ahmad Salehudin menilai banyaknya masjid-masjid Muhammadiyah yang dikuasai kelompok Salafi menunjukkan adanya penerimaan dari akar rumput Muhammadiyah terhadap keberislaman ala Salafi-Wahabi. Selain itu, ini juga seolah-olah membuktikan kedekatan Muhammadiyah dengan Salafi-Wahabi. 

"Momentum ini dapat menjadi titik pijak Muhammadiyah untuk meneguhkan hati dirinya," kata Salehudin.

Menurut Salehudin menangani persoalan tersebut tentu organisasi mempunyai cara sendiri entah itu dilakukan secara tegas atau pelan-pelan. Hanya saja, Salehudin mempertanyakan apakah ketika kembali dikuasai mampu mengurus masjid tersebut.

Lebih lanjut, Salehudin menambahkan bahwa masalah ini sejatinya adalah momen intropeksi bagi organisasi. Bahkan tidak hanya Muhammadiyah namun juga Nahdlatul Ulama sebagai ormas Islam terbesar di Indonesia.

"Ini menjadi kritik bagi Muhammadiyah (dan juga NU) untuk meningkatkan kepedulian kepada umatnya. Jangan terlalu sibuk untuk ngurus organisasinya, dan lupa kepada umatnya," tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement