Jumat 31 May 2024 17:55 WIB

Penguatan Kemitraan Internasional, FIKes Unisa Bandung dan UiTM Malaysia Jalin Kerja Sama

Implementasi kerja sama ini dapat meningkatkan dan menguatkan komitmen,

Berbagai kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, tampak mewarnai kunjungan delegasi Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia ke Kota Bandung.
Foto: Universitas Aisyiyah
Berbagai kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, tampak mewarnai kunjungan delegasi Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia ke Kota Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berbagai kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, tampak mewarnai kunjungan delegasi Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia ke Kota Bandung. Aktivitas yang melibatkan enam orang dosen UiTM itu merupakan realisasi kerja sama antara UiTM dengan Universitas Aisyiyah (Unisa) Bandung.

Adapun kegiatannya antara lain sharing penyusunan roadmap penelitian, pengabdian masyarakat bersama di Desa Binaan Unisa Bandung, serta visiting lecture oleh dosen UiTM yang memberikan perkuliahan kepada mahasiswa Keperawatan dan juga Kebidanan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di 2 tempat yakni di Desa Campaka Mulya, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, dan juga Kampus 2 Universitas 'Aisyiyah Bandung, pada Kamis (30/5/2024) sampai dengan Jumat (31/5/2024).

Baca Juga

Penyusunan roadmap penelitian 

Adapun rangkaian kegiatannya, diawali dengan sharing roadmap penelitian yang dilaksanakan di Kampus 2 yang diikuti oleh seluruh dosen dilingkungan Universitas 'Aisyiyah Bandung. Ketua Pelaksana Implementasi Kerja sama Unisa Bandung dan UiTM Malaysia, Nur Rohmah, AMK, SPd, MSc mengungkapkan, dengan implementasi kerja sama ini dapat meningkatkan dan menguatkan komitmen Tri Dharma Perguruan Tinggi antar kedua institusi.

 

"Tentu ini dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang tentunya berstandar Internasional," katanya.

Pengabdian masyarakat 

Sementara itu, kegiatan pengabdian masyarakat diselenggarakan di Desa Cempaka Mulya, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung. Aktivitas ini memperoleh sambutan hangat dari warga dan tokoh setempat. Pada kegiatan tersebut, Universitas 'Aisyiyah (Unisa) Bandung menurunkan mahasiswa dari Fakultas Ilmu Kesehatan untuk memberikan layanan cek kesehatan gratis kepada masyarakat.

Tidak hanya itu, terdapat juga pemaparan materi untuk masyarakat seputar demam berdarah dan cara pencegahannya yang diberikan oleh Dr Zul-'Izzat Ikhwan B Zaini dan Dr. Evana Kamarudin dari UiTM Malaysia, dan juga Popy Siti Aisyah, SKep, Ners, MKep dari Universitas 'Aisyiyah Bandung.

Dalam kesempatan itu, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Popy Siti Aisyah, SKep, Ners, MKep mengatakan, dipilihnya Desa Cempaka Mulya karena kasus demam berdarah di desa tersebut terhitung tinggi. "Nah, diharapkan dengan adanya pengabdian masyarakat di sini, masyarakat bisa tersadarkan dan angka kasus demam berdarah disini bisa menurun," ujarnya.

photo
Berbagai kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, tampak mewarnai kunjungan delegasi Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia ke Kota Bandung. - (Universitas Aisyiyah)

Visiting lecture 

Rangkaian kegiatan Unisa Bandung bersama dengan UiTM Malaysia ditutup dengan kegiatan Visiting Lecture yang dilakukan di Kampus 2 Universitas 'Aisyiyah Bandung pada Jumat, (31/5/2024).

Seluruh rombongan dosen dari UiTM Malaysia memberikan materi perkuliahan kepada mahasiswa Keperawatan dan juga Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas 'Aisyiyah Bandung sesuai dengan kepakarannya.

Ketua Pelaksana kegiatan, Nur Rohmah, AMK, SPd, MSc mengatakan, kegiatan visiting lecture ini menjadi pengalaman berharga bagi para mahasiswa Fikes Unisa Bandung karena dapat mengambil ilmu serta pengalaman lebih luas. "Ini menjadi upaya peningkatan kualitas, dimana mahasiswa dapat lebih dalam dan lebih luas menggali keilmuan dari para pakar yang merupakan para dosen UiTM Malaysia," ujarnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement