Jumat 24 May 2024 12:46 WIB

Gelar PackFest, Telkom Bantu UMKM Bikin Kemasan Kekinian

PackFest merupakan program inisiatif Rumah BUMN Telkom.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ahmad Fikri Noor
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk.
Foto: Telkom Group
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Telkom Indonesia melalui Rumah BUMN Telkom kembali mengajak para pelaku UMKM di seluruh Indonesia untuk naik kelas melalui Program Packaging Festival (PackFest) 2024. Senior General Manager Social Responsibility Center Telkom Indonesia, Hery Susanto mengatakan, PackFest merupakan program inisiatif Rumah BUMN Telkom untuk meningkatkan kualitas produk melalui pemberian bantuan branding untuk improvement atau upgrading kemasan produk UMKM.

"PackFest 2024 diikuti 349 UMKM yang tersebar di 44 Rumah BUMN Telkom di seluruh Indonesia," ujar Hery dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (23/5/2024).

Baca Juga

Pada tahun kedua ini, lanjut Hery, PackFest memproduksi 228.500 kemasan baru yang telah ditingkatkan dari sisi desain dan bahan. Bahan-bahan kemasan yang digunakan dalam kegiatan Packfest 2024 ini adalah paper metalized dan aluminium foil

Hery menyampaikan bentuk kemasan yang dikembangkan terdiri atas dua tipe, yaitu Zipper dan Non-Zipper. Dari sisi kemasan, juga tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari 13 cm x 20 cm, 14 cm x 23 cm, dan 16 cm x 25 cm. 

Hery mengatakan program PackFest 2024 sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Poin ke-8, yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi. Melalui dukungan dan pendampingan pengembangan UMKM, Telkom berharap dapat memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk memiliki mata pencaharian yang layak dan berkelanjutan. 

“Telkom Indonesia melalui Rumah BUMN Telkom melakukan pembinaan UMKM secara berkelanjutan agar menjadi UMKM yang modern, kreatif, dan berdaya saing global," ucap Hery. 

Hery berharap program PackFest ini menjadi jembatan bagi para UMKM untuk dapat memperluas pasar melalui produk yang bernilai tinggi. Telkom, lanjut Hery, berkomitmen dan secara konsisten menjalankan bisnis yang berkelanjutan dan melalui pengelolaan aspek ekonomi, lingkungan, sosial dan tata kelola (ESG). 

"Sehingga, Telkom terus berusaha menjalankan program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) atau corporate social responsibility (CSR) melalui berbagai inovasi, perbaikan secara berkelanjutan dan kolaborasi berbagai pihak," sambung Hery. 

Hery menyebut kehadiran Packfest 2024 merupakan salah satu bentuk komitmen Telkom dalam mewujudkan corporate social responsibility (CSR) melalui dukungan pengembangan UMKM di Indonesia. Hery mengatakan kehadiran UMKM memiliki peran besar dalam pertumbuhan perekonomian di Indonesia. 

Berdasarkan data Kamar Dagang dan Industri Indonesia pada 2023, sambung Hery, terdapat sebanyak 66 juta pelaku usaha UMKM dengan kontribusi UMKM mencapai 61 persen dari pendapatan domestik bruto Indonesia yang setara dengan Rp 9.580 triliun. Salah satu tantangan yang dihadapi oleh UMKM saat ini adalah meningkatkan daya saing UMKM untuk siap menjadi pemain global yang berorientasi ekspor. 

"Hal tersebut bisa dicapai salah satunya melalui bentuk dan desain kemasan yang berkualitas serta representatif," kata Hery.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement