Selasa 23 Apr 2024 17:53 WIB

Maskapai Wings Air Buka Rute Ternate-Manado

Akibat letusan Gunung Ruang, rute Ternate-Manado PP sempat ditutup.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Sejumlah penumpang turun dari pesawat maskapai Wings Air.
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Sejumlah penumpang turun dari pesawat maskapai Wings Air.

REPUBLIKA.CO.ID, TERNATE -- Maskapai Lion Air membuka rute penerbangan dari Bandara Sultan Baabullah, Kota Ternate, Maluku Utara ke Bandara Sam Ratulangi, Manado, usai dibuka kembali penerbangan setelah ditutup akibat erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang.

"Hari ini, aktivitas penerbangan dari Ternate-Manado menggunakan pesawat Wings Air telah dibuka dan sudah ada tiga penerbangan menggunakan Wings Air jenis ATR600 dengan kapasitas 72 penumpang," kata Koordinator Pax Haldling Lion Air Cabang Ternate, Alfian Hi Logah di Kota Ternate, Selasa (23/4/2024).

Baca: TNI AU dan RAJF Berhasil Kirim Bantuan ke Gaza Lewat Airdrop

Alfian mengatakan, setelah aktivitas penerbangan di Bandara Sam Ratulangi dibuka, penumpang yang menggunakan pesawat Wings Air rute Ternate-Manado terisi penuh. Sehingga, para penumpang yang belum diberangkatkan harus menunggu penerbangan untuk Rabu besok dengan tiga penerbangan.

Sementara itu, untuk pesawat lainnya, seperti Lion Air, Batik Air dan Super Jet untuk rute Ternate-Makassar dan Ternate-Jakarta pulang pergi (PP) tetap beroperasi untuk melayani berbagai penerbangan berbagai kota di Indonesia. Menurut dia, sebelumnya, maskapai Lion Air dan Batik Air terpaksa menunda penerbangannya dari Ternate ke berbagai kota di Indonesia.

Hal itu akibat erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang. Dampaknya, seluruh aktivitas penerbangan pesawat Wings Air rute Ternate-Manado PP pada Kamis (18/4/2024), tidak dioperasikan menyusul  letusan Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi atau meletus.

Baca: Bertemu Menhan Prabowo, KSAU Bahas Isu Pertahanan Udara

Alfian menambahkan, akibat letusan gunung api di Sulut, pesawat yang melayani rute Ternate-Manado PP disediakan Wings Air jenis ATR600 dengan kapasitas 72 penumpang dan Wings Air jenis ATR 72-600 dengan kapasitas 77 orang tidak bisa beroperasi.

Sementara itu, salah seorang calon penumpang tujuan Ternate-Manado, Muhammad Farizal, mengaku senang dapat menggunakan pesawat Wings Air rute Ternate-Manado hari ini. "Tiket Saya tujuan Ternate-Manado dijadwalkan 18 April 2024, tetapi karena adanya erupsi Gunung Ruang, maka tiket Saya diundurkan hingga 23 April 2024 dan alhamdulillah bisa berangkat ke Manado," ujar Farizal.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement