Senin 22 Apr 2024 13:10 WIB

Gibran Ajak Semua Pihak Hormati Putusan MK

Gibran Rakabuming Raka memilih untuk menyelesaikan tugasnya sebagai wali kota Solo.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir / Red: Erik Purnama Putra
Di tengah sidang pembacaan putusan perkara PHPU di MK Cawapres pemenang Gibran Rakabuming Raka tetap berkantor seperti biasa sebagai wali kota Solo, Senin (22/4/2024).
Foto: Republika/Alfian Choir
Di tengah sidang pembacaan putusan perkara PHPU di MK Cawapres pemenang Gibran Rakabuming Raka tetap berkantor seperti biasa sebagai wali kota Solo, Senin (22/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Wakil presiden terpilih sekaligus Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengaku akan menghormati hasil dari sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang Gedung I MK RI, Jakarta Pusat, Senin (22/4/2024) pagi. "Ya apa pun hasilnya putusannya kita hormati," kata Gibran di Balai Kota Solo, Senin. 

Gibran mengatakan, untuk saat ini, pihaknya masih berkegiatan dan menyelesaikan tugasnya sebagai wali kota Solo. Saat ditanya apakah dirinya akan memantau proses sidang dari jauh, Gibran menyebut, baru mendarat dari Jakarta. "(Datang ke MK?) Enggak, kita ngantor seperti biasa aja. Belum, belum saya baru mendarat," katanya. 

Baca: Menhan Prabowo Ditelepon Presiden Korsel Yoon Suk Yeol, Ada Apa?

Disinggung seberapa optimistis dirinya terkait hasil sidang putusan PHPU, Gibran meminta untuk menunggu saja hasilnya setelah diputuskan MK. Putra sulung Presiden Jokowi tersebut, menegaskan apapun hasilnya ia akan menghormatinya. 

"Ya kita lihat nanti saja sekali lagi apapun hasilya, putusannya kita hormati ya," kata Gibran.

Ditanya soal kordinasi dengan Prabowo, Gibran mengatakan, diberi arahan untuk berkantor sebagai wali kota Solo seperti biasanya. "Sudah kemarin, yaitu sama, arahan beliau itu, kita tetap berkantor seperti biasa aja," katanya. 

Baca: Dari 10 Caleg Lolos ke Senayan dari Dapil Jatim I, Enam Orang Perempuan

Dia mengungkapkan, telah bertemu dengan sejumlah relawan ketika bertandang ke Jakarta, Jumat (19/4/2024). Gibran pun mengajak para pendukungnya menghormati apapun keputusan MK.

"Sudah kita ketemu dengan beberapa relawan dan lain lain. Hari ini tetap tenang kita hormati keputusan yang ada," katanya. 

Gibran mengatakan dirinya juga telah mengantongi langkah meski tak mengungkapkan secara rinci. Namun, ia mengaku ia masih menunggu hasil putusan sengketa Pilpres 2024. "Sudah, ya kita tunggu dulu hasil keputusan seperti apa, nanti kita lihat," katanya. 

Baca: Dari 10 Caleg Lolos ke Senayan dari Dapil Jatim I, Enam Orang Perempuan

Ditanya apakah ada pesan untuk paslon 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan paslon 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Gibran meminta untuk melihat proses sidangnya sampai akhir.  "Enggak, kita lalui saja proses ini kita lihat sampai akhir nanti. Saya mohon izin teman-teman media untuk menyelesaikan tugas tugas sebagai wali kota ya, " katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement