Rabu 17 Apr 2024 22:37 WIB

PMI Banda Aceh Kumpulkan 1.446 Kantong Darah dari Warkop dan Masjid

Jumlah donasi darah Ramadhan tahun ini meningkat di Banda Aceh.

Petugas merapikan labu darah dari pendonor.
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Petugas merapikan labu darah dari pendonor.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- PMI Banda Aceh mengumpulkan sebanyak 1.446 kantong darah dari kegiatan donor di warung kopi hingga masjid selama bulan Ramadhan sehingga stok tercukupi sampai Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriyah.

"Persediaan darah di PMI Kota Banda Aceh selama Ramadhan mampu memenuhi semua permintaan darah dari pasien di rumah sakit dan klinik di Banda Aceh dan sekitarnya," kata Ketua PMI Banda Aceh Ahmad Haeqal Asri, di Banda Aceh, Rabu (17/4/2024).

Baca Juga

Tak hanya di warkop dan masjid, selama Ramadhan PMI Banda Aceh juga memperoleh 1.074 kantong darah dari pendonor yang datang ke gedung lembaga sosial tersebut. "Hal ini bisa terjadi berkat tingginya antusiasme dan kesadaran masyarakat untuk donor darah," ujarnya.

Haeqal mengucapkan terima kasih kepada semua pendonor yang sudah sukarela donor darahnya bersama PMI Kota Banda Aceh selama Ramadhan sehingga telah membantu pasien di rumah sakit dalam menjalani pengobatannya.

"Biasa setiap Ramadhan dan Lebaran itu kita takut karena perolehan darah sedikit, tapi permintaan darah banyak. Alhamdulillah, kemarin berkat antusiasme yang tinggi dari masyarakat perolehan darah cukup tinggi dan mampu penuhi permintaan daerah pasien," katanya.

Sebelumnya, selama Ramadhan, PMI Kota Banda Aceh bekerja sama dengan masjid-masjid dan warung kopi di Banda Aceh dan Aceh Besar untuk menyelenggarakan kegiatan donor darah sukarela. Selain itu, Unit Donor Darah PMI Kota Banda Aceh juga membuka layanannya di Gedung UDD PMI Kota Banda Aceh.

Haeqal menambahkan tingginya semangat donor darah masyarakat Banda Aceh menjadi faktor utama meningkatnya jumlah donasi darah Ramadhan tahun ini. "Semangat ini juga dibarengi kesadaran akan pentingnya donor darah bagi diri pribadi dan orang lain," kata Haeqal.

Jadwal kegiatan donor darah PMI Kota Banda Aceh bisa dilihat melalui aplikasi Donorku dan instastory akun @pmikotabandaaceh. Pelayanan donor darah di Gedung Unit Donor Darah PMI Kota Banda Aceh dilakukan setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 22.00 WIB.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement