Sabtu 13 Apr 2024 21:43 WIB

Tingkat Kunjungan Wisatawan ke Candi Borobudur Tinggi

Wisatawan mendapatkan pengalaman dan edukasi.

Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.
Foto: dok BLU-MCB (IHA)
Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Puncak kunjungan ke Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, pada masa libur Lebaran 2024 pada Jumat (12/4) mencapai sekitar 15.000 pengunjung.

General Manajer Unit Borobudur Jamaludin Mawardi di Magelang, Sabtu (13/4/2024), menyampaikan total kunjungan pada masa ramai pada 8-12 April 2024 mencapai sekitar 33.143 pengunjung.

Baca Juga

Ia menyampaikan untuk kunjungan yang terjadi pada hari ini atau besok dengan target sekitar 14.500 pengunjung.

"Experience yang ditawarkan pada pengunjung di masa ramai Lebaran 2024 ini adalah bagaimana memiliki pengalaman heritage dan edukasi, salah satunya terkait aktivitas naik Candi Borobudur dan berbagai atraksi budaya yang setiap hari ditampilkan," katanya.

Ia berharap masyarakat yang tidak sempat naik ke bangunan candi pada hari biasa bisa mendapatkan kesempatan di masa ramai Lebaran 2024 ini.

Menurut dia, terkait dengan adanya pembatasan naik Candi Borobudur masih menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kunjungan ke Candi Borobudur.

Namun, dia berharap hal ini turut memberikan edukasi bagi wisatawan untuk lebih memahami alasan dan tujuan pemberlakuan hal tersebut.

"Secara okupansi, untuk kuota naik Candi Borobudur sebagian besar sudah terpenuhi sejak sebelum masa ramai Lebaran 2024, sehingga hanya tinggal sedikit yang mendaftar secara langsung," katanya.

Ia menuturkan terkait dengan adanya penyesuaian harga, hal ini tidak mempengaruhi kunjungan atau minat kunjungan masyarakat ke Candi Borobudur.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement