Rabu 10 Apr 2024 11:06 WIB

Quantum Computing: Pahami Lebih Jauh dengan Kuliah di UNM

Quantum Computing bidang multidisiplin yang terdiri dari aspek ilmu komputer.

 Quantum Computing merupakan bidang multidisiplin yang terdiri dari aspek ilmu komputer, fisika dan matematika.
Foto: Universitas Nusa Mandiri
Quantum Computing merupakan bidang multidisiplin yang terdiri dari aspek ilmu komputer, fisika dan matematika.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Quantum Computing merupakan bidang multidisiplin yang terdiri dari aspek ilmu komputer, fisika dan matematika. Ketiga bidang ini memanfaatkan mekanika kuantum untuk memecahkan masalah kompleks lebih cepat daripada komputer klasik. Jenis komputasi yang menggunakan fenomena mekanika kuantum seperti superposisi, interferensi dan keterikatan.

Sorotan dunia teknologi modern bukan tanpa alasan dengan menjanjikan manfaat luar biasa di berbagai bidang, membawa revolusi baru dalam memecahkan masalah yang kompleks.

Baca Juga

Berikut manfaat utama Quantum Computing:

Perhitungan lebih cepat

Kecepatan ini memiliki dampak besar pada bidang seperti pengoptimalan, kriptografi, dan simulasi. Algoritma seperti algoritma Short dapat memfaktorkan bilangan besar dengan efisiensi, yang pada gilirannya dapat mengubah lanskap keamanan informasi secara global.

Analisis data dan machine learning lebih lanjut

Kemampuan untuk menangani kumpulan data yang lebih besar dan meningkatkan pengenalan pola membantu menghasilkan prediksi yang lebih akurat. Ini berdampak besar pada sektor keuangan, perawatan kesehatan, dan pengembangan kecerdasan buatan.

Optimasi yang ditingkatkan

Menghasilkan solusi optimal dalam waktu yang lebih singkat. Hal ini bermanfaat dalam manajemen supply chain, logistik, dan penjadwalan sumber daya dalam sistem yang kompleks.

Simulasi dan pemodelan lanjutan

Memberikan wawasan mendalam dalam bidang seperti kimia, ilmu material, pemodelan iklim, dan penemuan obat. Simulasi kuantum juga membuka jendela ke pemahaman yang lebih baik tentang fenomena kuantum itu sendiri.

Kriptografi dan keamanan meningkat

Komputer kuantum dapat memecahkan algoritma enkripsi klasik tertentu yang mungkin memerlukan pengembangan teknik kriptografi baru yang tahan terhadap serangan kuantum. 

Kriptografi kuantum menawarkan metode baru untuk komunikasi yang aman, seperti distribusi kunci kuantum yang memanfaatkan prinsip mekanika kuantum untuk menyediakan kunci enkripsi yang aman.

Bagaimana Generasi Z, apakah tertarik lebih jauh untuk mempelajari ilmu komputer yang lebih luas lagi? Perkembangan ilmu komputer kian hari semakin pesat dan cepat, sebagai generasi muda harus mampu mengimbanginya bukan sekadar pemakai tapi juga bisa turut andil dalam perkembangan teknologi komputer yang semakin canggih.

Untuk itu, ayo segera bergabung di Kampus Digital Bisnis yang berbasis teknologi informasi di Universitas Nusa Mandiri (UNM). Generasi Z dan kaum Milenial bisa lebih dekat mengenal bidang ilmu komputer dan perkembangan teknologi saat ini. Segera berkunjung ke website https://pmb.nusamandiri.ac.id/ untuk informasi pendaftarannya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement