Sabtu 30 Mar 2024 19:30 WIB

Hore! Pemkot Cilegon Buka Pendaftaran Mudik Gratis Selama Dua Hari

Akomodasi yang disiapkan sudah mencapai 35 unit armada dari target 40 unit.

Petugas menyusun nomor antrean bagi calon pemudik gratis. (Ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Petugas menyusun nomor antrean bagi calon pemudik gratis. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG--Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon mulai membuka program mudik gratis 2024 atau 1445 Hijriah yang dilakukan selama dua hari mulai tanggal 30 sampai 31 Maret 2024.

"Program mudik gratis ini dibuka selama dua hari saja, jadi tanggal 31 Maret besok sudah pendaftaran terakhir. Yang dibuka dari pukul 08.00-13.00 WIB di Kantor Dishub Cilegon," Kata Kepala Dishub Kota Cilegon, Heri Suheri, di Cilegon, Banten, Sabtu (30/3/2024).

Baca Juga

Ia mengatakan hari ini untuk jadwal mudik gratis jalur Jawa Barat dan Jawa Timur. Dengan tujuannya Bandung, Kuningan, Cirebon, Tasikmalaya dan Banjar. Sedangkan untuk wilayah Jawa Timur jurusannya adalah Ngawi, Malang, dan Surabaya.

"Antusias masyarakat luar biasa hanya dalam waktu tiga jam hampir semua tiket sudah habis. Ini ada beberapa sisa untuk tujuan Tasikmalaya yang lainnya sudah habis," katanya.

Sementara untuk hari Ahad, 31 Maret 2024, pembukaan mudik gratis untuk tujuan Jawa Tengah dan Sumatra. Tujuan Jawa Tengah meliputi Pekalongan, Wonosobo, Solo, Yogyakarta, Tegal dan Purwokerto. Sedangkan untuk jalur Sumatra meliputi Padang, Palembang dan Lampung.

Akomodasi yang disiapkan sudah mencapai 35 unit armada dari target 40 unit. Menurutnya, ada kenaikan jumlah armada jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya menyediakan 25 unit armada.

"Tahun kemarin hanya 25 unit sekarang sudah mencapai 35 unit jadi ada kenaikan dan ini semua dibiayai dari non APBD," ujarnya.

Dalam melakukan mudik gratis Pemkot Cilegon menggandeng pihak swasta untuk melakukan partisipasi. Meski tidak semua industri dan perbankan turut andil dalam program ini.

"Ini kan Inovasi Wali Kota yang tanpa menggunakan APBD, tetapi Pak Wali mengajak industri, meski demikian ada beberapa industri dan perbankan yang tidak bisa ikut partisipasi. Namun, kita maklumi," katanya.

Sementara itu, syarat untuk mengikuti program mudik gratis ini, di antaranya harus warga Kota Cilegon. Hal ini dibuktikan dengan KTP dan KK yang harus ditunjukkan ketika melakukan pendaftaran.

Peserta mudik gratis rencananya mulai diberangkatkan pada Jumat, 5 April 2024. Oleh karena itu, menjelang keberangkatan pihaknya menyarankan peserta mudik gratis untuk mempersiapkan kondisi kesehatan supaya tetap fit selama perjalanan.

"Sebelum berangkat pastikan kondisi sehat. Apabila merasa kurang sehat atau memiliki penyakit penyerta, maka diimbau untuk membawa obat pribadi," katanya.

Ia berharap dengan adanya mudik gratis ini bisa membantu masyarakat Kota Cilegon dan dapat mengurangi kepadatan lalu lintas.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement