Sabtu 30 Mar 2024 03:40 WIB

Gerak Cepat China Mendekati Prabowo Subianto

Presiden China mengundang langsung Prabowo untuk datang ke negeri Tiongkok.

Presiden China Xi Jinping.
Foto:

Siaran pers hanya menyebutkan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, di bawah kepemimpinan Presiden Xi dan Presiden Joko Widodo, hubungan bilateral kedua negara telah mempertahankan momentum pertumbuhan yang kuat dan memasuki tahap baru dalam membangun komunitas demi masa depan bersama.

Menurut Lin Jian, kunjungan Prabowo ke China akan menjadi kunjungan luar negeri pertamanya sebagai presiden terpilih dan hal itu menunjukkan kuatnya hubungan China-Indonesia.

"Kunjungan tersebut merupakan peluang besar untuk terus meningkatkan persahabatan tradisional, memperdalam kerja sama strategis yang komprehensif, dan menyinergikan strategi pembangunan dengan lebih baik guna memberikan contoh yang baik tentang negara-negara berkembang yang merangkul masa depan bersama," katanya.

Dia menambahkan bahwa kunjungan itu juga memberi kesempatan bagi kedua negara untuk bekerja dalam solidaritas untuk pembangunan bersama.

China merupakan mitra dagang terbesar Indonesia. Nilai perdagangan antara kedua negara mencapai lebih dari Rp 2.000 triliun. China juga menjadi salah satu negara yang berinvestasi dalam industri pengolah nikel di Indonesia. 

China memiliki kepentingan agar investasi dan kerja sama dagang di antara kedua negara yang sudah berjalan dapat diteruskan. 

Bagi Beijing, Prabowo mungkin bukanlah orang baru. Pada November 2022, Prabowo juga pernah berkunjung ke China. Bedanya kali ini ia bukan sebatas Menteri Pertahanan, melainkan presiden terpilih yang bakal memimpin RI lima tahun ke depan. 

sumber : Antara/Teguh
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement