Kamis 28 Mar 2024 04:06 WIB

Bahkan Bung Towel Pun Memuji Kemenangan Bersejarah Timnas Indonesia Atas Vietnam

Tommy Welly selama ini dikenal sebagai pengamat yang kerap mengkritik Shin Tae-yong.

Pemain Timnas Indonesia melakukan selebrasi seusai mengalahkan Vietnam pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026 di Hanoi, Vietnam, Selasa (26/3/2024). Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor 3-0. Gol untuk Indonesia dicetak oleh Jay Idzes di menit ke-9, Ragnar Oratmangoen menit ke-23 dan Ramadhan Sananta di menit ke-98.
Foto:

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun ikut menjadi saksi kemenangan bersejarah Indonesia atas Vietnam. Dalam rekaman video yang beredar di media sosial, Jokowi bersama beberapa menterinya nonton bareng di hotel tempat dia menginap di Kota Palu, Sulawesi Tengah.

"Saya kira semua rakyat senang lah, bagaimana kita bisa menang di kandang lawan di My Dinh Vietnam dan dengan angka yang telak tidak terbalas 3-0," kata Jokowi dalam keterangannya di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Rabu (27/3/2024).

Jokowi mengatakan, dengan kemenangan ini akan ada peningkatan peringkat FIFA timnas Indonesia. Selain itu, kemenangan ini juga memperlihatkan perbaikan bertahap dan berkelanjutan dalam struktur sepak bola nasional.

"Semuanya akan terus diperbaiki oleh PSSI yang dikomandani Pak Erick Thohir," ujarnya.

Seusai laga, Jokowi pun langsung menelepon Ketua Umum PSSI Erick Thohir untuk mengucapkan selamat. “Selamat ya, sampaikan kepada yang lain,” ujar Jokowi dalam perbincangan via telepon tersebut.

Berbicara di Jakarta, Ketum PSSI Erick Thohir, mengatakan bahwa tim nasional harus tetap fokus untuk menghadapi laga selanjutnya, meski menang 3-0 melawan Vietnam dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026.  

"Terakhir Indonesia menang di Vietnam itu saat Piala AFF yang namanya masih Piala Tiger pada 2004. Ini menjadi bukti perubahan baik dari sisi kualitas dan mental bertanding yang mengalami peningkatan signifikan," kata Erick.

Erick memuji mental bertarung para penggawa Garuda yang tak gentar bermain di kandang lawan. Meski begitu, ia mengingatkan bahwa perjuangan Indonesia belum selesai. 

"Semua tetap fokus untuk menghadapi dua pertandingan selanjutnya di bulan Juni, guna lolos ke babak berikutnya," ujar mantan Presiden Klub Inter Milan itu. 

Adapun, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) mengatakan kemenangan Timnas Indonesia saat melawan Timnas Vietnam dalam laga di Hanoi dapat diraih berkat kerja keras dan keberuntungan. "Kita bekerja keras semaksimal mungkin semuanya dan akhirnya mendapatkan keberuntungan untuk Indonesia," ujar Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai pertandingan di Hanoi, Vietnam, seperti dalam rekaman suara yang diterima di Jakarta, Selasa malam.

Ia mengatakan, pada konferensi pers sebelumnya, ia sempat menyampaikan bahwa Timnas Indonesia akan bertekad mematahkan rekor tidak pernah menang di kandang Vietnam selama hampir 20 tahun terakhir. Tekad itu, lanjut pelatih asal Korea Selatan itu, telah terbukti dengan kemenangan telak squad Garuda atas The Golden Stars Wartiors.

"Jadi memang rekor kekalahan itu hari ini sudah dipecahkan," ujarnya.

 

In Picture: Ulangi Sejarah 20 Tahun Silam, Indonesia Sukses Bekuk Vietnam 3-0

photo
 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement