Jumat 22 Mar 2024 06:47 WIB

Cuaca Hari Ini: Sejumlah Provinsi Berpotensi Diguyur Hujan Lebat pada Jumat

Cuaca ekstrem berpotensi terjadi saat arus mudik Lebaran 2024.

Pengendara menerobos hujan lebat yang mengguyur di Kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta, Sabtu (27/1/2024).
Foto: Republika/Prayogi
Pengendara menerobos hujan lebat yang mengguyur di Kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta, Sabtu (27/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini berupa potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang di sejumlah provinsi di Indonesia pada Jumat (22/3/2024).

 

Baca Juga

Dikutip dalam laman resmi BMKG, di Jakarta, wilayah yang berpotensi terjadi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang, yakni di Aceh, Bali, Bangka Belitung, Bengkulu, dan DKI Jakarta.

 

Kemudian, Gorontalo, Jambi, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Lampung. Lalu, Maluku, NTT, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara.

 

Sebelumnya, Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan cuaca ekstrem berpotensi terjadi saat arus mudik Lebaran 2024 ini.

 

Cuaca ekstrem yang ditandai dengan perubahan cuaca secara tiba-tiba diprakirakan terjadi khususnya di Pulau Jawa pada tanggal 5 hingga 11 April 2024 mendatang, yang bertepatan dengan arus mudik Lebaran.

 

"Untuk cuaca ekstrem kami prediksi tanggal 5 sampai 11 April 2024, itu masih hujan sedang hingga lebat ya," katanya.

 

Meski demikian, Guswanto menyebut pada tanggal 12 April dan sesudahnya diprakirakan aktivitas cuaca ekstrem berkurang menjadi hujan ringan. Hal tersebut dipengaruhi oleh aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO) yang mempengaruhi Daerah Konvergensi Antar-Tropik (DKAT), bibit siklon tropis, serta siklon tropis Megan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement