Kamis 21 Mar 2024 12:20 WIB

Cuaca Ekstrem Landa Makassar, Beberapa Titik Jalan Tergenang

Sejumlah titik di Makassar mengalami genangan setinggi tumit hingga betis dewasa.

Pengendara sepeda motor menerobos banjir di Makassar (ilustrasi). Dampak cuaca ekstrem memicu beberapa titik di Kota Makassar mengalami genangan.
Foto: Antara/Arnas Padda
Pengendara sepeda motor menerobos banjir di Makassar (ilustrasi). Dampak cuaca ekstrem memicu beberapa titik di Kota Makassar mengalami genangan.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Dampak cuaca ekstrem memicu beberapa titik di Kota Makassar mengalami genangan. Kondisi ini melambatkan arus lalu lintas.

“Hujan deras yang terjadi pagi hari menyebabkan sejumlah jalan tergenang dan ini melambatkan arus lalu lintas di Jalan Pettearani dan Toddopuli,” kata salah seorang pengendara roda dua Mustamin di Makassar, Kamis (21/3/2024).

Baca Juga

Menurut dia, rata-rata jika curah hujan cukup deras dan lama, sejumlah titik di Kota Makassar mengalami genangan setinggi tumit hingga betis orang dewasa, karena saluran penampungan air di sisi jalan terbatas kapasitasnya. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar telah mengingatkan masyarakat Kota Makassar dan sekitarnya untuk mewaspadai kondisi cuaca ekstrem beberapa hari lalu hingga hari ini.

“Walaupun Ramadan ini intensitas hujan berada pada kategori menengah hingga ringan, namun diimbau wilayah yang rawan banjir seperti Luwu Utara, Maros, Gowa dan Makassar untuk mewaspadai musim pancaroba,” kata Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar Agusmin.

Menurut dia, bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor dapat saja terjadi, sehingga masyarakat diminta selalu waspada. Khusus di Kota Makassar, selain badan jalan yang tergenang air akibat hujan pada sejumlah titik, juga sejumlah perumahan yang terbilang tanahnya landai, kerap mengalami genangan air.

Kompleks perumahan yang rawan banjir itu di antaranya BTM Hamzy, Bumi Tamalanrea Permai, Perumnas Antang dan BTN Asal Mula. Berdasarkan data BMKG Wilayah IV Makassar, kondisi cuaca di Kota Makassar dan sekitarnya hari ini adalah hujan dan badai petir ringan, dan kecepatan angin 10 kilometer per jam.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement