Kamis 21 Mar 2024 03:45 WIB

Menlu AS Ucapkan Selamat Atas Kemenangan Prabowo

Kami menantikan untuk bermitra erat dengan presiden terpilih Prabowo Subianto.

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Erik Purnama Putra
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (Menlu AS), Antony Blinken menyampaikan ucapan selamat atas kemenangan Prabowo Subianto.
Foto: AP Photo/Markus Schreiber
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (Menlu AS), Antony Blinken menyampaikan ucapan selamat atas kemenangan Prabowo Subianto.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (Menlu AS), Antony Blinken menyampaikan ucapan selamat atas kemenangan Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2024 berdasarkan hasil rekapitulasi suara 38 provinsi yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Kami menyampaikan ucapan selamat yang tulus kepada Presiden Indonesia terpilih Prabowo Subianto atas kemenangannya dan sekali lagi memuji masyarakat Indonesia atas partisipasi dan komitmennya terhadap demokrasi dan aturan hukum," kata Blinken dalam pernyataan yang diterima Republika.co.id di Jakarta, Selasa (20/3/2024).

Baca: AHY Bertemu Prabowo di Kemenhan Bahas Masalah Kebangsaan

Dalam pernyataan tersebut, Blinken mencatat AS dan Indonesia merayakan 75 tahun hubungan diplomatik yang dilandaskan pada demokrasi dan pluralisme. Ia mengatakan AS menantikan bekerja sama dengan Prabowo yang akan mulai menjabat 20 Oktober 2024.

"Sebagai mitra dan kawan dekat dalam kemitraan strategis komprehensif, kita bekerja sama untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik bagi warga negara kita. Kami menantikan untuk bermitra erat dengan presiden terpilih Prabowo Subianto dan pemerintahannya saat dimulainya masa jabatan pada bulan Oktober," kata Blinken.

Baca: Dubes: Pembentukan Aliansi RI di Luar ASEAN tidak Mungkin

Prabowo-Gibran menang di 36 dari 38 provinsi di Indonesia. Mereka juga unggul dalam pemungutan suara di luar negeri. Dua provinsi lainnya dimenangkan oleh Anies-Muhaimin. Sementara itu, Ganjar-Mahfud tak menang di provinsi mana pun. Dengan begitu, Prabowo akan menjadi presiden ke-8 RI.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement