Rabu 20 Mar 2024 23:59 WIB

Polisi Bubarkan Paksa Demonstran di Depan Gedung KPU

Polisi ingatkan sudah memberikan toleransi bagi pendemo untuk membubarkan diri

Rep: Ali Mansur/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pakar hukum tata negara Refly Harun saat hadir dalam aksi menolak hasil rekapitulasi Pemilu 2024 di depan gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/3/2024).
Foto: Antara/Ilham Kausar
Pakar hukum tata negara Refly Harun saat hadir dalam aksi menolak hasil rekapitulasi Pemilu 2024 di depan gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Polisi membubarkan paksa peserta aksi unjuk rasa aksi unjuk rasa memprotes rekapitulasi suara pemilihan suara (Pemilu) 2024 yang masih berada di depan Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (20/3/2024) sekitar pukul 22.40 WIB. Pembubaran itu dilakukan setelah KPU mengumumkan hasil Pemilu 2024. 

“Kami sudah menberikan toleransi kepada ibu untuk menanti kegiatan yang berlangsung di KPU. Kami imbau kepada bapak ibu untuk bisa meninggalkan area di depan KPU ini,” imbau Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro dari atas mobil pengurai massa. 

Menurut Susatyo, masyarakat harus segera membubarkan diri, karena Jalan Imam Bonjol yang sempat ditutup untuk aksi unjuk rasa akan dibuka kembali guna dilintasi kendaraan. Kemudian apabila masih ada yang ingin disampaikan para demonstran, mereka bisa dilanjutkan esok hari. Dia juga mengimbau agar para awak media yang berada di depan Gedung KPU segera meninggalkan lokasi. 

“Karena tidak lama lagi ruas jalan akan segera kami buka agar warga jakarta bisa kembali menggunakan ruas jalan di depan KPU ini,” kata Susatyo. 

Sebelumnya, para peserta aksi unjuk rasa memprotes rekapitulasi suara pemilihan suara (Pemilu) 2024 di depan Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat mulai membubarkan diri sejak pukul 20.00 WIB. Seiring dengan massa yang mulai meninggalkan titik aksi, pasukan orenge juga mulai membersihkan sampah. Namun masih ada beberapa massa yang didominasi orang tua masih berseliweran sembari sibuk mengabadikan situasi dengan gadgetnya. 

Sementara itu arus lintas dari arah Jalan Rasuna Said ke Monumen Nasional (Monas) sudah mulai lengah. Begitu juga arah sebaliknya tampak lancar, pelambatan arus hanya terjadi di perempatan samping Gedung KPU. Sedangkan Jalan Imam Bonjol di depan Gedung TPU tidak bisa dilewati karena adanya penutupan menggunakan beton pembatas jalan.

Diketahui, KPU telah mengumumkan hasil Pemilu 2024 dan perolehan suara pemilhan presiden (Pilpres) 2024. KPU menetapkan pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menjadi pemenang Pilpres 2024. Hasil Pilpres 2024 tersebut ditetapkan berdasarkan berita acara KPU nomor 218/PL.01.08-BA/05/2024.

Berikut perolehan suara nasional Pilpres 2024:

Pasangan Anies-Cak Imin 40.971.906 suara

Pasangan Prabowo-Gibran 96.214.691 suara 

Pasangan Ganjar-Mahfud 27.040.878 suara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement