Jumat 15 Mar 2024 15:11 WIB

Gibran Sediakan Internet Gratis di Rumah Dinas Loji Gandrung Solo

Gibran berharap WIFI Rumah Dinas Loji Gandrung bisa dipakai oleh masyarakat umum

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Rumah Dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung, akan dijadikan destinasi wisata baru.
Foto: Republika/Binti sholikah
Rumah Dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung, akan dijadikan destinasi wisata baru.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyediakan layanan internet gratis di rumah dinas Loji Gandrung untuk masyarakat umum. 

Gibran mengatakan internet gratis berupa WiFi tersebut sudah bisa diakses sejak, Kamis (14/3/2024) kemarin. Ia mengatakan penyediaan tersebut agar rumah dinas Loji Gandrung dapat dinikmati masyarakat karena ia tak menggunakannya. 

“Nggak ada ide, cuma agar internet bisa dipakai oleh warga gitu aja. Terbuka untuk umum, semua boleh monggo, temen-temen media juga boleh. Itu bukan kebijakan, saya kan tidak pernah menggunakan rumah dinas. Biar rumah dinas dipakai untuk warga, untuk ngerjain tugas, mengerjakan skripsi, bukan kebijakan atau apa-apa,” kata Gibran, Jumat (15/3/2024). 

Gibran juga mengaku tengah mencari dana CSR guna menambah titik wifi tersebut. Putra sulung presiden Jokowi tersebut berharap Wifi tersebut dapat digunakan untuk kegiatan produktif, baik mahasiswa ataupun pelajar dalam mengerjakan tugas. 

“Kita baru cari CSR lagi, agar banyak titik lagi untuk WiFi gratis. (Mahasiswa aja) Ya prioritas kegiatan produktif. Batas waktu setelah Ramadan diatur lagi waktunya,” katanya. 

Lebih lanjut, Gibran mengaku membatasi internet gratis itu mulai pukul 07.00 hingga 19.00 WIB. Di Loji Gandrung juga telah ada penjaga untuk melakukan pengawasan. 

“Ya nanti ada yang menjaga. Cuka jam 7 pagi sampai jam 7 malam. Nanti jam 7 malam tarawih. Iya cuma WiFi gratis aja,” ungkapnya. 

Ditanya apakah akan menambah lokasi untuk internet gratis atau WiFi gratis, Gibran mengaku masih mencari CSR. 

Sementara itu, salah satu mahasiswa UNS atas nama Hafizah (22) mengaku terbantu dengan adanya wifi tersebut. “Kan selama ini beli kuota kalau mengerjakan tugas. Kebetulan di kuliah ada tugas yang memerlukan fasilitas dari internet. Jadi sangat membantu, ketika ada WiFi gratis ini jadi saya memanfaatkan untuk akses hal tersebut,” katanya.

Hafizah berharap agar kedepannya lebih banyak titik wifi yang bisa dimanfaatkan masyarakat. Ia juga berharap ada fasilitas penunjang kenyamanan seperti kursi hingga colokan listrik. 

“Ya berharap tidak hanya jangka pendek tapi dalam periode yang lama. Kemarin baru tahu dari instagram Bapak Gibran. Ini lumayan cepat karena baru dua orang yang pakai, kalau ada user lain apakah sama kencang atau nggak,” katanya mengakhiri. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement