Sabtu 09 Mar 2024 21:13 WIB

Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi di Jateng Hingga 11 Maret, Terutama di Wilayah Ini

Masyarakat diminta selalu waspada terhadap bencana yang timbul akibat cuaca ekstrem.

Rep: Antara/ Red: Qommarria Rostanti
Cuaca ekstrem (ilustrasi). BMKG memprediksi cuaca ekstrem terjadi di Jateng hingga 11 Maret 2024.
Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Cuaca ekstrem (ilustrasi). BMKG memprediksi cuaca ekstrem terjadi di Jateng hingga 11 Maret 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi cuaca ekstrem terjadi di wilayah Jawa Tengah selama periode 9 hingga 11 Maret 2024. Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang, Yoga Sambodo, mengatakan, aktivitas angin Munson Asia berpengaruh terhadap massa udara basah di wilayah Indonesia bagian barat dan selatan ekuator.

"Kondisi tersebut termasuk wilayah Jawa Tengah," kata dia, Sabtu (9/3/2024).

Baca Juga

Selain itu, katanya, daerah konvergensi dan belokan angin juga terpantau di sekitar Jawa Tengah. Kondisi tersebut, menurut dia, meningkatkan potensi cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai dengan petir dan angin kencang.

Sejumlah wilayah di Jawa Tengah yang berpotensi dilanda cuaca ekstrem antara lain Kabupaten Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Magelang, Boyolali, Karanganyar, Sragen, Grobogan, Blora, Rembang, Pati, Kudus, Jepara, dan Demak. Selain itu juga Kabupaten Semarang, Temanggung, Kendal, Batang, Tegal, Pekalongan, Brebes, serta Kota Magelang, dan Salatiga.

Yoga mengimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap bencana yang timbul akibat cuaca ekstrem. "Masyarakat yang tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi, seperti banjir, tanah longsor, dan angin kencang diimbau lebih waspada," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement