Kamis 29 Feb 2024 22:52 WIB

KCIC Tambah Empat Jadwal Perjalanan Whoosh Mulai Maret 2024

Headway perjalanan Whoosh menjadi rata-rata setiap 40 menit sekali.

Pramugari kereta bersiap menyambut kedatangan penumpang kereta cepat WHOOSH di Stasiun Halim, Jakarta, Selasa (17/10/2023).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pramugari kereta bersiap menyambut kedatangan penumpang kereta cepat WHOOSH di Stasiun Halim, Jakarta, Selasa (17/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menambah empat jadwal perjalanan Kereta Cepat Whoosh yang akan dioperasikan setiap Jumat, Sabtu, Ahad, libur nasional, dan cuti bersama per Maret 2024.

“Dapat dilihat kalau saat ini Whoosh sudah jadi salah satu moda transportasi andalan masyarakat, terutama di akhir pekan,” ujar Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti di Jakarta, Kamis (29/2/2024).

Baca Juga

Seiring dengan terus meningkatnya jumlah penumpang Kereta Cepat Whoosh, KCIC kembali menambah jadwal operasional Whoosh hingga 44 perjalanan pada Maret 2024. Adapun perinciannya adalah 40 perjalanan reguler dan 4 perjalanan tambahan yang akan dioperasikan setiap hari Jumat, Sabtu, Ahad, serta hari libur nasional dan cuti bersama.

Dengan adanya penambahan perjalanan ini, Emir melanjutkan, headway perjalanan Whoosh menjadi rata-rata setiap 40 menit sekali sehingga masyarakat memiliki fleksibilitas dalam memilih jadwal yang diinginkan.

 

Emir menjelaskan saat ini, KCIC sudah melayani 1,9 juta penumpang sejak dioperasikan secara komersial pada 17 Oktober 2023. Pada Februari, rata-rata harian volume penumpang Whoosh mengalami peningkatan 15 persen dibandingkan Januari.

Untuk hari biasa atau weekday, volume penumpang sekitar 15 ribu per hari, sementara pada akhir pekan atau weekend, volume penumpang dapat mencapai hingga 20 ribu per hari.

Emir mengatakan penambahan perjalanan ini merupakan hasil evaluasi dengan melihat pola permintaan dan pergerakan penumpang selama Whoosh beroperasi. “Jadi, penambahan jadwal perjalanan ini diperlukan untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada seluruh pelanggan,” kata dia.

Tiket perjalanan Maret ini pun sudah bisa dipesan melalui saluran resmi yang tersedia, yaitu aplikasi Whoosh, situs ticket.kcic.co.id, Ticket Vending Machine, loket resmi di stasiun, serta aplikasi mitra seperti Access by KAI, Livin by Mandiri, BRImo, dan BNI Mobile Banking.

“KCIC juga masih menerapkan skema Dynamic Pricing yang menawarkan harga lebih hemat pada periode perjalanan tertentu,” kata dia.

Beberapa faktor-faktor yang memengaruhi penentuan dynamic pricing, di antaranya jam sibuk (peak hour) atau jam nonsibuk (off peak hour), momen liburan (high season) atau nonliburan (low season), atau hari kerja atau pun akhir pekan.

“Penumpang juga dapat memanfaatkan tiket perjalanan Whoosh untuk menikmati promo gratis atau diskon liburan ke 12 destinasi wisata, kuliner, dan penginapan terbaik yang ada di sekitar stasiun Whoosh,” kata dia.

Adapun 12 destinasi wisata yang sudah bekerja sama dengan promo Free Entry, di antaranya Dusun Bambu, Farmhouse, Floating Market, The Great Asia Afrika, Tepi Danau, Tepi Kota Healing, The Lodge Maribaya & Fairy Garden Bandung, Dago Dream Park, dan Papa Dino.

Sementara itu, ada juga sejumlah destinasi wisata kuliner yang menawarkan promo diskon hingga 20 persen menggunakan tiket Whoosh seperti Baker Street Resto cabang Cimandiri, beragam restoran The Lodge Maribaya & Fairy Garden Bandung, serta The Lodge Camp & Village dari Stasiun Bandung.

“Dengan penambahan jadwal ini, masyarakat punya banyak pilihan jadwal perjalanan. Masyarakat pun bisa lebih leluasa dalam merencanakan perjalanannya,” ujar Emir.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement