Senin 26 Feb 2024 16:31 WIB

7 Tips Terhindar dari Sambaran Petir

Sambaran petir bisa berakibat fatal bagi manusia.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Gita Amanda
Ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk menghindari sambaran tersebut berdasarkan imbauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). (ilustrasi)
Foto: Freepik
Ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk menghindari sambaran tersebut berdasarkan imbauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Petir merupakan fenomena alam yang cukup sering terjadi. Sekitar 20 persen dari petir tersebut diperkirakan menyambar daratan dan berpotensi mengenai manusia. Ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk menghindari sambaran tersebut berdasarkan imbauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

1. Masuk ke dalam ruangan. Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu mengatakan jika sudah mendengar suara guntur, segera masuk ke dalam ruangan atau rumah.

Baca Juga

"Namun jika sedang berada di luar rumah segeralah masuk ke dalam mobil,” ungkap Teguh Rahayu lewat siaran pers, Senin (26/2/2024).

2. Jangan berada di kolam renang. Apabila sedang berada di kolam renang, segeralah naik dan menjauh dari kolam. Sebab, sambaran petir dapat menghantarkan energi ke air.

3. Jangan berlindung di bawah pohon. Apabila pohon tersambar petir, maka energinya dapat melompat ke tubuh.

4. Jauhi tiang listrik, menara, atau sesuatu yang tinggi. Menara, tiang dan sesuatu yang tinggi akan mudah tersambar petir.

5. Jangan berada di tempat terbuka. Petir akan selalu mencari tanah, atau tempat terbuka seperti lapangan, sawah, dan taman yang luas, untuk melepaskan energinya.

6. Apabila sedang mengendarai motor, segeralah berhenti dan cari tempat untuk berlindung.

7. Jika sedang berteduh di luar ruangan, atur jarak 3 hingga 5 meter dengan orang lain agar terhindar dari lontaran energi saat ada petir.

Diketahui, tim Pencarian dan Penyelamatan (SAR) gabungan mengevakuasi seorang pendaki yang tewas setelah tersambar petir saat melakukan pendakian di Gunung Cikuray, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Pendaki itu dievakusi dibawa ke rumah sakit di Garut. Sebelumnya dua mahasiswa Universitas Padjajaran juga tewas tersambar petir saat kemping di Bumi Perkemahan Batukuda, Kabupaten Bandung.

Sambaran petir bisa berakibat fatal bagi manusia. Meski jumlah pastinya sulit untuk diketahui, diperkirakan ada sekitar 24 ribu kasus kematian dan 240 ribu kasus cedera akibat sambaran petir yang terjadi setiap tahun di dunia, seperti dilansir National Center for Biotechnology Information pada Senin (26/2/2024).

Sebagian besar kasus sambaran petir pada manusia sebenarnya dapat dihindari. Salah satunya adalah dengan menghindari lokasi atau kondisi yang dapat meningkatkan risiko terkena sambaran petir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement