Ahad 25 Feb 2024 12:33 WIB

Kronologi Tiga Mahasiswa Unpad Tersambar Petir Saat Kemping, Dua Meninggal, Satu Selamat

Petir menyambar hingga api unggun di camp padam.

Rep: Fauzi Ridwan/ Red: Teguh Firmansyah
Ilustrasi sambaran petir. BMKG telah menyelesaikan analisis penyebab wafatnya dua mahasiswa Universitas Padjadjaran akibat sambaran petir.
Foto:

"Di saat pergerakan akan mengambil alat, langit terang dan petir menyambar hingga api unggun di camp padam. Mitzel dan Bangkit sudah terbaring sedangkan Adinda tiba tiba menjerit karena kakinya kena sambar petir dan tidak bisa dirasakan," kata dia.

Cipta mengatakan rekan-rekannya yang selamat langsung mencari pertolongan ke bawah Batukuda dam pihak basecamp langsung membawa tandu untuk mengevakuasi korban. Terdapat tim yang berusaha memberikan pertolongan pertama dengan CPR.

Setelah kejadian tersebut, rekan-rekan korban membawa mereka ke Rumah Sakit AMC Cileunyi. Namun, tiba di rumah sakit, Mitzel dan Bangkit meninggal dunia sedangkan Adinda mendapatkan perawatan intensif.

"Tiba di rumah sakit, Mitzel dan Bangkit meninggal dunia sedangkan Adinda mendapatkan perawatan intensif," ungkap dia.

Sekitar pukul 02.00 Wib, Sabtu (24/2/2024) dini hari, ia mengatakan Manager Pembelajaran, Kemahasiswaan dan Alumni FTG mendapatkan kabar tersebut dan langsung berkoordinasi dengan rekan dosen lain untuk menuju rumah sakit. Tidak lama kemudian, keluarga korban Mitzel datang ke rumah sakit.

Ia mengatakan sekitar pukul 07.00 WIB almarhum Mitzel disemayamkan di FTG Unpad dan disambut oleh para Sivitas Akademika. Setelah itu, almarhum dibawa keluarga ke kediaman mereka di Cibubur untuk dimakamkan.

Sedangkan jenazah almarhum Bangkit dishalatkan di Masjid Raya Unpad dan disemayamkan di FTG Unpad. Sekitar pukul 20.00 WIB jenazah diberangkatkan ke Soekarno Hatta bersama keluarga untuk diberangkatkan Ahad (25/2/2024) sekitar pukul 07.00 WIB.

"Kami segenap pimpinan FTG Unpad kepada semua pihak yang terlibat dalam upaya penyelamatan dan pemulihan para mahasiswa," kata dia.

Pihaknya mengingatkan semua pihak tentang keselamatan di alam terbuka serta memperhatikan kondisi cuaca. "Segenap keluarga FTG Unpad berduka atas kehilangan ini dan berkomitmen untuk memberikan dukungan yang diperlukan kepada keluarga kedua mahasiswa dalam proses berduka ini," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement