Rabu 21 Feb 2024 21:57 WIB

Semarang Sediakan Daycare Khusus Lansia

Daycare kebanyakan melayani lansia yang mengalami demensia.

Pemerintah Kota Semarang menyediakan layanan daycare khusus masyarakat yang berusia lanjut (lansia).
Foto:

Di dua daycare khusus lansia itu, kata dia, para lansia juga diajak untuk berkegiatan pertanian perkotaan atau urban farming, baik bercocok tanam maupun beternak dan pelatihan keterampilan, seperti menyulam.    

"Karena gak jadi (sistem) nginep, yang ikut (lansia) laki-laki dan perempuan. Kami tidak membatasi, yang terpenting berusia lebih dari 60 tahun," katanya.

Ia menjelaskan para lansia juga mendapatkan pemeriksaan atau skrining kesehatan secara berkala, seperti tensi, gula darah, hingga tuberkulosis (TBC).

Tidak hanya kegiatan fisik, seperti latihan motorik dan berkebun, kata dia, para lansia di dua daycare tersebut juga mendapatkan kegiatan yang bersifat kerohanian.

"Responsnya bagus banget selama ini. Ya, dari kelurahan, puskesmas, kan ada kelompok-kelompok lansia. (Kegiatan) mulai pagi hingga sore," kata Hakam.

Sementara itu, Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan bahwa daycare lansia saat ini baru dua, yakni di Rumah Gizi Pelangi Nusantara dan Puskesmas Kaligawe.

"Tempat penitipan lansia ini menjadi pilot project 2024 dan sudah terealisasi. Baru dua (tempat). Kalau daycare di Manyaran kan untuk (penanganan) stunting," pungkas Ita, sapaan akrabnya.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement