Senin 19 Feb 2024 19:11 WIB

Hasil Real Count KPU, PKB Dominasi Raihan Suara DPRD Kabupaten Bandung

PKB jadi jawara baru Kabupaten Bandung dengan suara terbanyak 14 kursi.

Partai Pimpinan Dadang Supriatna yang juga Bupati Bandung, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sukses menumbangkan dominasi Partai Golkar yang sudah puluhan tahun menguasai DPRD Kabupaten Bandung.
Foto: dok Pemkab Bandung
Partai Pimpinan Dadang Supriatna yang juga Bupati Bandung, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sukses menumbangkan dominasi Partai Golkar yang sudah puluhan tahun menguasai DPRD Kabupaten Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Partai Pimpinan Dadang Supriatna yang juga Bupati Bandung, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), sukses menumbangkan dominasi Partai Golkar yang sudah puluhan tahun 'menguasai' DPRD Kabupaten Bandung. 

PKB kini menjadi jawara baru Kabupaten Bandung setelah berhasil menjadi pemenang pemilu legislatif (pileg) pada Pemilu 2024 dengan meraih suara terbanyak untuk DPRD Kabupaten Bandung. PKB berpeluang 'menguasai' kursi DPRD Kabupaten Bandung dengan raihan 14 kursi, dari awalnya hanya 6 kursi.

Kemenangan besar PKB di Kabupaten Bandung ini dapat terlihat berdasarkan hasil real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) maupun berdasarkan hasil penghitungan internal DPC PKB Kabupaten Bandung.

Ketua DPC PKB Kabupaten Bandung Dadang Supriatna mengatakan PKB menang berdasarkan hasil penghitungan internal DPC PKB Kabupaten Bandung maupun hasil real count KPU. Bahkan, PKB telah merampungkan proses penghitungan internal dengan meraih suara terbanyak dengan perolehan sekitar 450 ribu ribuan suara di setiap tingkatan, DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, maupun DPR RI.

"Alhamdulillah, PKB menjadi pemenang Pileg 2024 di Kabupaten Bandung. Ini tentu bukan pekerjaan mudah. Namun, dengan disertai ketawakalan dan ikhtiar maksimal, alhamdulilah hasilnya sangat memuaskan," ujar Dadang Supriatna kepada awak media di Soreang, Senin (19/2/2024).

Jika raihan suara tersebut dikonversikan ke dalam raihan kursi legislatif, pria yang juga akrab disapa Kang DS itu mengaku optimistis target 14 kursi PKB di DPRD Kabupaten Bandung, 2 kursi DPRD Provinsi dan 2 kursi DPR RI dari Dapil Jabar 2 Kabupaten Bandung dan KBB dapat tercapai. Raihan suara H Cucun di Kab Bandung memperoleh 250 ribu suara dan Asep Romy 100 ribu suara.

"Insya Allah saya optimistis target raihan kursi PKB bisa tercapai. Ini kemenangan yang luar biasa dan harus disyukuri. Insya Allah PKB meraih kursi terbanyak di DPRD Kabupaten Bandung, dua DPRD Provinsi dan dua kursi DPR RI," ungkap Kang DS sambil tersenyum.

"Kemenangan ini tak lepas dari peran para tokoh masyarakat, wabilkhusus Kang H Cucun Akhmad Syamsurizal, dengan segala pengalaman politiknya di tingkat nasional," tuturnya. 

Kang DS juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus dan kader PKB, simpatisan, para tokoh masyarakat dan seluruh masyarakat Kabupaten Bandung yang telah berjuang bersama dan memilih PKB sebagai partai pilihannya pada pemungutan suara 14 Februari lalu.

"Saya sebagai Ketua DPC PKB Kabupaten Bandung mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Bandung yang telah memberikan kepercayaan besar kepada PKB. Insya Allah suara rakyat ini adalah amanah bagi PKB untuk  mewujudkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bandung," tutur Dadang Supriatna.

Meski demikian, orang nomor satu di Kabupaten Bandung itu menyebut perjuangan belum selesai. Ia mengajak seluruh kader, simpatisan dan seluruh masyarakat Kabupaten Bandung untuk mengawal hasil pemilihan hingga tahapan penerapan hasil pemilu.

"Mari kita kawal dan pastikan kemenangan ini sampai proses penetapan di KPU Kabupaten Bandung," jelas Dadang Supriatna yang juga menjabat Bupati Bandung itu.

Sementara itu, berdasarkan hasil real count KPU hingga Senin (19/2/2024) pukul 14.00, PKB meraih suara terbanyak dengan 42.766 suara atau sekitar 21,3 persen dari toal suara yang sudah masuk sekitar 200.728 suara. Dari tujuh daerah pemilihan (dapil) di Kabupaten Bandung, PKB unggul di dapil 2, 5, dan dapil 6.

Di empat dapil lainnya, PKB berada di peringkat kedua dengan perolehan suara tak terlalu jauh dibanding beberapa partai lain yang ada di atasnya. Namun setelah diakumulasikan, suara PKB di tujuh dapil jauh mengungguli perolehan suara partai lainnya.

PKB juga unggul untuk raihan suara DPRD Provinsi dengan raihan 43.079 suara dari total suara masuk 30 persen. Caleg PKB Nomor Urut 1, Humaira Zahratun Noor, menempati peringkat pertama dengan raihan 20.399 suara dan Asep Syamsuddin di posisi kedua dengan raihan 6.013 suara.

Sedangkan, untuk DPR RI Dapil Jabar 2, PKB meraih 99.348 suara dengan peraih suara terbanyak yakni Cucun Ahmad Syamsurijal yang juga Ketua Fraksi PKB DPR RI dengan 50.912 suara dan di peringkat kedua ditempati oleh Asep Romy Romaya yang juga Ketua Pemuda Pancasila Kab Bandung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement