Sabtu 17 Feb 2024 19:18 WIB

Puskesmas Kotagede 1, FPKHI, AKHI Adakan Olahraga untuk Jamaah Haji

Jamaah haji merupakan tamu Allah.

Olahraga untuk jamaah haji
Foto: Puskesmas Kotagede
Olahraga untuk jamaah haji

Oleh : HERU NURINTO*

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kurang dari 4 bulan lagi jamaah haji kloter pertama akan diberangkatkan dari Indonesia menuju Arab Saudi. Empat bulan adalah waktu yang sangat singkat untuk persiapan segala sesuatunya.

Sementara itu jamaah haji akan menghadapi berbagai kegiatan di tanah suci dengan cuaca yang berbeda dengan di tanah air. Diperlukan persiapan kesehatan dari sekarang agar jamaah haji dapat optimal dalam melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan di tanah suci.

Baca Juga

Puskesmas Kotagede 1 Yogyakarta bekerjasama dengan Forum Perawat Kesehatan Haji Indonesia (FPKHI) DIY dan Asosiasi Kesehatan Haji Indonesia (AKHI) DIY ikut andil dalam persiapan kesehatan jamaah haji tersebut dengan mengadakan olahraga High Intensity Interval Training (HIIT). “Olahraga HIIT adalah olahraga dengan intensitas tinggi meliputi gerakan star jumps atau lompat, squats atau jongkok, static sprints atau sprin ditempat, squats lagi, dan star jumps lagi.

Sebelum melakukan gerakan-gerakan itu, diawali dengan pemanasan terlebih dahulu dan diakhiri dengan pendinginan” Papar ketua pelaksana kegiatan, Arif Sulistiyanto, S.Tr.Kep. Olahraga HIIT bertujuan untuk meningkatkan kebugaran jamaah haji.

 

“Olahraga HIIT ini dilakukan untuk meningkatkan kebugaran jamaah haji terutama jamaah yang berasal dari wilayah kerja puskesmas kotagede 1. Ini sebagai persiapan sebelum jamaah berangkat ke tanah suci.” papar beliau. “Olahraga HIIT dapat dilakukan selama 20 - 30 menit, dan jamaah haji dapat melanjutkan dirumah seminggu 3 kali dengan jeda 1 hari.” tambah beliau.

Sejumlah 15 jamaah haji mengikuti olahraga HIIT yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 17 Februari 2024 jam 6 pagi di halaman Puskesmas Kotagede 1. Sebelum olahraga, jamaah haji tersebut diperiksa tekanan darahnya dan gula darah sewaktu. Peserta olahraga sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

“Saya senang ikut olahraga ini, sangat bermanfaat” kata salah satu peserta kegiatan, Srini yang merupakan calon jamaah haji 2024. Senada dengan itu, disampaikan juga oleh Supriyanto,”Kegiatan ini bagus untuk persiapan calon jamaah dari sisi kesehatan jasmani.”

Kegiatan olahraga HIIT merupakan salah satu dari beberapa rangkaian kegiatan dalam Program “Mandu Kajiku” (Manasik Terpadu Kesehatan Haji Puskesmas Kotagede Satu). Program ini meliputi posbindu, edukaji (edukasi kesehatan haji), aksi jalan shar’i (aklimatisasi jalan-jalan saat pagi hingga terik matahari), ranjani (pengukuran kebugaran jasmani), dan olahraga HIIT.

Semua kegiatan dalam Program “Mandu Kajiku” ini ditujukan untuk mempersiapkan kesehatan jamaah haji yang dipandu oleh Arif Sulistiyanto, S.Tr.Kep., perawat Puskesmas Kotagede 1 sekaligus Pengurus FPKHI DIY dan AKHI DIY.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement