Selasa 13 Feb 2024 17:13 WIB

7 Daerah Ini Berisiko Terdampak Bencana Akibat Cuaca Esktrem Saat Pemilu

Ketujuh daerah tersebut masuk skala prioritas darurat bencana BNPB.

Petugas mengemas surat suara di Gudang Logistik KPU Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu (31/1/2024). DKI termasuk salah satu daerah skala prioritas darurat bencana BNPB.
Foto:

Abdul mencontohkan banjir di Kabupaten Demak dan Grobogan dengan ketinggian air masih rata-rata 80 sentimeter hingga 1 meter yang menggenangi pemukiman dan jalan raya. Akibatnya, lebih dari delapan ribu warga diungsikan ke tenda-tenda darurat.

"Kondisi cuaca ini berbahaya pula bagi DKI yang terus diguyur hujan lebat dan diperkirakan berlangsung hingga akhir bulan ini," kata Abdul.

Demikian juga dengan Pulau Sulawesi dan Sumatra. Untuk itu, BNPB telah berkoordinasi secara intensif dengan pemerintah daerah (pemda) guna merespons kondisi alam yang berlangsung.

Pemda diharapkan bisa melakukan segenap upaya pencegahan dan penanggulangan cepat dan tepat. Pemda perlu melakukan dari pemetaan kawasan rawan bencana, penebalan personel kesiapsiagaan lintas sektoral, menyediakan sarana prasarana evakuasi, memastikan bantuan darurat bencana korban bencana tercukupi, hingga mempercepat perbaikan tanggul sungai yang rusak.

"Dana bantuan siap pakai kepada pemda total senilai lebih dari Rp1,15 miliar sudah disalurkan, termasuk bantuan logistik peralatan penunjang lainnya dari BNPB," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement