Ahad 11 Feb 2024 13:03 WIB

Gerilya Gunakan Angklung sebagai Media Kampanye

Sebelumnya mereka menggunakan ondel-ondel dan rebana

Relawan Idris Sandiya berkampanye dengan menggunakan angklung.
Foto: istimewa/doc humas
Relawan Idris Sandiya berkampanye dengan menggunakan angklung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Anak-anak muda yang tergabung dalam Gerakan Relawan Idris Sandiya (Gerilya), berkampanye dengan menggunakan ala musik angklung. Sebelumnya para relawan ini menggunakan ondel-ondel dan rebana sebagai alat kampanye.

Kegiatan menyosialisasikan caleg DPR RI dari Nasdem di Dapil 6 Jabar ini, dimulai dari Jati Luhur Kota Bekasi, Kamis kemarin (8/2). Dan kelompok musik angklung itu pada Sabtu (10/2/2024) berkeliling di rumah-rumah padat penduduk di Kota Depok.

Salah satu tempat yang dipilih untuk memulai kampanye di Kota Depok adalah perumahan Pamulang, Pondok Petir, Bojong Sari. Dari sini mereka akan terus berkeliling mengampanyekan Idris Sandiya sambil memberikan aneka atribut dan permen kepada warga yang ditemuinya.

Dalam siaran pernya, Koordinator Gerilya, M.Bilal, mengatakan, sesuai dengan tujuannya, kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk kampanye, selain untuk mengajak warga datang ke TPS sekaligus mengajak memilih caleg DPR RI Nasdem nomor urut 1, Indris Sandiya.

“Ini memang salah satu bentuk kampanye kreatif kami. Cara seperti ini merupakan aspirasi dari anak-anak muda relawan Gerilya, agar pemilu disambut dengan riang gembira. Disamping, tujuan utamanya, tentu supaya orang memilih Kang Idris,” katanya.

Beberapa jenis atribut yang dibagikan, jelas Bilal, adalah stiker untuk ditempel di rumah-rumah warga, dan surat undangan dari kandidat berupa ajakan datang ke TPS dan memilih Idris Sandiya.

Menurut Bilal, dari pengalaman sosialisasi sebelumnya seperti menggunakan ondel-ondel dan rebana, banyak warga yang antusias menyambutnya. Bahkan, beberapa di antaranya ada juga yang sampai ikut rombongan di belakangannya. 

“Kata mereka, rakyat itu sudah bosan mendengar visi misi para caleg. Perlu sentuhan yang bisa menghibur. Nah, salah satunya adalah kampanye keliling kampung dengan menggunakan kelompok musik seperti ondel-ondel, rebana dan angklung,” ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement