Kamis 08 Feb 2024 08:21 WIB

Cuaca Hari Ini: Jakarta Berawan dari Pagi Hingga Sore pada Kamis

Pada malam hari seluruh wilayah DKI diprakirakan cerah berawan.

Pengunjung beraktivitas di Perpustakaan Nasional dengan latar belakang polusi di langit Jakarta, Senin (14/8/2023).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pengunjung beraktivitas di Perpustakaan Nasional dengan latar belakang polusi di langit Jakarta, Senin (14/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan seluruh wilayah Ibu Kota DKI Jakarta diprakirakan berawan dari pagi hingga sore hari, Kamis (8/2/2024).

Berdasarkan data laman resmi BMKG yang dikutip di Jakarta, Kamis, menunjukkan bahwa cuaca di semua wilayah DKI pada pagi hari berawan. Sementara pada siang hari Jakarta Pusat, Utara, Selatan, Barat, dan Timur, diprakirakan berawan tebal, sementara hanya Kabupaten Kepulauan Seribu yang cerah berawan dari siang hingga sore hari.

Baca Juga

Selanjutnya, pada malam hari seluruh wilayah DKI diprakirakan cerah berawan. Pada hari yang sama suhu udara di Jakarta diprakirakan berada pada kisaran minimum 24 derajat hingga 31 derajat Celsius. Sementara tingkat kelembapan udara diprakirakan berada pada kisaran 70-95 persen.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengimbau masyarakat untuk mewaspadai dan siap siaga terhadap cuaca ekstrem dan bencana hidrometeorologi yang masih mengancam sebagian besar wilayah Indonesia hingga Februari 2024.

"Cuaca ekstrem ini dapat terjadi selama periode puncak musim hujan pada Januari dan Februari 2024. Potensi hujan lebat hingga sangat lebat, angin kencang, dan gelombang tinggi masih memiliki peluang yang tinggi terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia," katanya.

Dalam pernyataannya di Bandung, Jawa Barat pada pekan lalu (30/1/2024), Dwikorita menyebut curah hujan kurang lebih sama, dapat mencapai 400 milimeter dalam satu bulan. Namun, dapat menjadi ekstrem dalam jangka harian.

"Curah hujan bisa mencapai 100 milimeter lebih per hari dan kadang bisa mencapai 150 milimeter," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement