Selasa 06 Feb 2024 21:25 WIB

Survei Poltracking: PKB Menang di Jatim, Tetapi Anies-Muhaimin Kalah

Prabowo-Gibran alami peningkatan pemilih NU, AMIN stabil, Ganjar-Mahfud anjlok.

Rep: Rizky Suryarandika, Bayu Adji P/ Red: Andri Saubani
Simpatisan Partai Kebangkitan Bangsa memeriahkan acara penyerahan berkas pendaftaran bakal calon legislatif di Kantor KPU, Jakarta, Sabtu (13/5/2023). Partai Kebangkitan Bangsa resmi mendaftarkan 580 bakal calon legislatif untuk DPR RI pada Pemilu 2024 kepada KPU.
Foto:

Poltracking Indonesia menilai, wilayah Jatim akan jadi penentu pada Pilpres 2024. Poltracking memprediksi siapapun capres yang mendulang kemenangan di Jatim, maka berpotensi menang secara nasional.

"Jawa Timur adalah provinsi penentu dan terpadat kedua secara DPT. Lebih dari 31 juta pemilih atau sekitar 15,5 persen pemilih ada di Jawa Timur," kata Hanta.

Hanta menerangkan ada faktor lain yang membuat Jatim menjadi menarik dalam hajatan pilpres. Yaitu secara kultural Jatim basis Nahdlatul Ulama yang merupakan salah satu faktor penentu dalam kontestasi pilpres.

"Hampir 80 persen publik (di Jatim) merasa dekat dengan atau berasosiasi dengan organisasi Islam Nahdlatul Ulama (NU)," kata Hanta. 

Dari pemilih yang merasa dekat atau berasosiasi dengan NU, sebanyak 15,3 persen memilih pasangan nomor urut 1  Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar. Sedangkan yang memilih pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo – Mahfud MD di angka 16,3 persen.

"Sementara yang memilih pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka mencapai 60,9 persen," ujar Hanta. 

Hanta mengamati tren basis pemilih NU kepada Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar cenderung stabil dengan kenaikan tipis hanya 0,7 persen. Sedangkan Ganjar Pranowo - Mahfud MD justru anjlok perolehan suaranya di kalangan NU di Jatim. 

"Ganjar Pranowo - Mahfud MD mengalami penurunan 21,7 persen," ujar Hanta. 

Dari survei ini, pemilih Ganjar-Mahfud MD diduga menyebrang ke Prabowo-Gibran. Sebab paslon nomor urut 2 itu mendapat kenaikan suara di basis pemilih NU Jatim. 

"Kepada Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka mengalami kenaikan 19,2 persen," ujar Hanta.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement