Ahad 04 Feb 2024 12:29 WIB

Prakiraan Cuaca, Banten Berpotensi Hujan Ringan dan Sedang Siang Ini

BMKG mengeluarkan peringatan dini hujan lebat disertai angin kencang dan petir.

Ruas jalan di Cibadak, Kabupaten Lebak, Banten dilanda hujan intensitas ringan dan sedang, Ahad siang (4/2/2024).
Foto: ANTARA/Mansyur
Ruas jalan di Cibadak, Kabupaten Lebak, Banten dilanda hujan intensitas ringan dan sedang, Ahad siang (4/2/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, LEBAK -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), memprakirakan cuaca wilayah Banten berpotensi dilanda hujan dengan intensitas ringan dan sedang pada siang hari, Ahad (4/2/2024).

 

Baca Juga

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Kelas I Serang Tatang Rusmana, di Serang, mengatakan cuaca wilayah Banten dan sekitarnya berpotensi hujan dengan intensitas ringan dan sedang pada siang hari dengan suhu udara rata-rata 23-33 derajat Celsius serta tingkat kelembapan 65-95 persen.

 

Selain itu, kata dia, angin bergerak dari arah barat daya hingga barat laut dengan kecepatan 5-30 kilometer per jam. Ia mengatakan wilayah Banten yang berpotensi hujan dengan intensitas ringan dan sedang pada siang hari terjadi di delapan daerah, yakni Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kota Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Cilegon.

 

BMKG mengeluarkan peringatan dini waspada hujan lebat disertai angin kencang dan petir yang terjadi di wilayah Banten dan sekitarnya. Tatang mengatakan peluang cuaca buruk tersebut pada sore hari dan bisa menimbulkan bencana alam hidrometeorologi, seperti banjir, longsor, angin kencang dan gelombang tinggi.

 

Selain itu juga BMKG juga mengeluarkan peringatan dini kepada pelaku pelayaran, khususnya perahu nelayan dan kapal tongkang yang melintasi perairan selatan Banten, Samudera Hindia, Selat Sunda bagian selatan, karena tinggi gelombang di perairan itu berkisar 1,25 - 2,50 meter.

 

Sementara itu, penyeberangan Merak (Banten) dan Bakauheni (Lampung) relatif aman karena tinggi gelombang di Perairan Selat Sunda bagian Utara mencapai 1,25 meter (rendah).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement