Senin 29 Jan 2024 14:54 WIB

JDN-IDI Riau Siapkan Transisi Dokter Muda Menuju Karier Profesi

Pengurus JDN-IDI Riau 2023 s/d 2026 dilantik di Auditorium FK-UNRI.

Pengurus JDN-IDI Riau 2023 s/d 2026 dilantik di Auditorium FK-UNRI, Ahad (28/1/2024).
Foto: Dok Republika
Pengurus JDN-IDI Riau 2023 s/d 2026 dilantik di Auditorium FK-UNRI, Ahad (28/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID,PEKANBARU -- Pengurus Junior Doctors Network (JDN) - IDI Wilayah Riau masa bakti 2023 s/d 2026, Ahad (28/1/2024), dilantik di Auditorium Fakultas Kedokteran Universitas Riau (UNRI). Acara pelantikan juga disertai talkshow bertema 'Perencanaan Karier Dokter Umum, Bisa Apa?'.

Dengan pelantikan ini, Koordinator JDN-IDI Wilayah Riau, dr Ade Fajri Kurnia, MH, CMC berharap JDN-IDI Wilayah Riau memberikan manfaat terbaik. Khususnya, untuk dokter-dokter muda di wilayah Riau dan dapat melaksanakan berbagai program yang telah di canangkan oleh IDI Wilayah Riau.

Baca Juga

"Juga kerja sama atau MoU antara FK yang ada di Riau dengan IDI Wilayah Riau, Contohnya untuk program Incubator Career Program," ujar Ade.

Ade mengatakan, DJDN-IDI Wilayah Riau ke depan akan melaksanakan berbagai program yang telah di canangkan oleh IDI Wilayah Riau. Program tersebut nanti akan disiapkan oleh IDI Wilayah Riau untuk kemudian di eksekusi oleh JDN-IDI Wilayah Riau.

Salah satu yang akan menjadi fokus IDI Wilayah Riau bersama JDN-IDI adalah menumbuhkan interest dan rasa memiliki terhadap organisasi profesi IDI. Pengenalan IDI sejak dini diharapkan bisa terlaksana.

"Harapannya nanti melalui IDI Wilayah Riau, akan ada kerjasama atau MoU antara FK yang ada di Riau dengan IDI Wilayah Riau," ujar Ade.

Ade melanjutkan, salah satu program ke depannya adalah menyiapkan transisi dokter yang baru tamat menuju karier profesi dokter. Persiapan karier dokter mulai ditata sejak awal dengan pendampingan IDI

"Incubator Career Program akan membantu dokter fresh graduate menyiapkan diri sejak dini untuk menata karir nya. Program ini sekaligus akan mengisi kegiatan transisi dokter baru hingga nanti mulai Internship," kata Ade.

Program ini di antaranya yaitu kesiapan karier, literasi etik disipilin dan hukum. Juga akses informasi arah karier yang diinginkan maupun akses dan jaringan lowongan kerja nantinya

Sementara, Koordinator JDN-IDI Indonesia, dr Tommy Dharmawan, Sp. BTKV, PhD mengucapkan selamat atas pelantikan JDN IDI Riau. JDN IDI sebagai sayap generasi muda IDI siap menjadi wahana anak muda dokter utk berkarya, berkiprah dan mengabdi utk kepentingan dokter Indonesia.

"JDN IDI dibentuk untuk mengakomodir nilai nilai kepemudaan yang tangguh, cerdas, cepat dan berwawasan digital. Mudah mudahan hadirnya JDN IDI di wilayah Riau dapat mengakselerasi kepentingan generasi muda dokter di Wilayah Riau agar problematika seperti peluang karier, dinamika pendidikan dan kesejahteraan dokter muda dapat diperjuangkan dengan baik," kata Tommy.

JDN adalah organisasi wadah dokter junior, yang berada di bawah organisasi WMA (World Medical Association). Di Indonesia, JDN- PB IDI sebagai JDN NMA dari Indonesia yang diakui oleh WMA juga telah terbentuk dan melaksanakan re organisasi pada Juli 2023 lalu.

JDN-IDI sendiri merupakan organisasi dokter junior yang keanggotaan nya merupakan anggota IDI dengan usia kurang dari 40 tahun.

JDN telah melaksanakan berbagai kegiatan yang mengakomodir kepentingan anggota dokter junior yg belum tersentuh. JDN IDI hadir untuk menyokong program IDI yang berkaitan dengan Dokter Junior bahkan terutama dokter-dokter yang baru lulus atau pun pra internship.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement