Jumat 26 Jan 2024 05:41 WIB

Mahfud MD Janjikan Hapus Kredit Macet Petani dan Nelayan Rp 688 Miliar

Kredit macet petani dan nelayan nilainya kecil jika dibandingkan uang yang dikorupsi.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Cawapres nomor urut 2, Mahfud MD.
Foto: dok tpn ganjar mahfud
Cawapres nomor urut 2, Mahfud MD.

REPUBLIKA.CO.ID, PESAWARAN -- Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD, berjanji akan menghapus kredit macet petani dan nelayan di Provinsi Lampung apabila dirinya dan pasangan duetnya Ganjar Pranowo, berhasil keluar sebagai pemenang pada Pilpres 2024.

"Catat ini semua petani, nelayan, akan dibebaskan kalau selama ini bapak ibu petani dan nelayan mendapat pinjaman mendapat kredit, tidak bisa membayar, itu akan dibebaskan, akan diputihkan," kata Mahfud dalam kampanye di Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, Kamis (25/1/2024).

Baca Juga

Mahfud mengatakan, nilai kredit macet petani dan nelayan jumlahnya tidak terlalu banyak. Dia menyebut, penghapusan kredit macet tidak akan membebani keuangan negara.

"Kami sudah menghitung jumlah kredit petani dan nelayan yang sekarang macet jumlahnya Rp 688 miliar," ujar menko polhukam tersebut.

Mahfud mengatakan, jumlah kredit macet petani dan nelayan nilainya sangat kecil jika dibandingkan dengan uang negara yang dikorupsi. "Oleh sebab itu kalau korupsi diberantas, dapat 50 persen saja diambil Rp 688 miliar untuk disubsidikan ke pelunasan hutang para petani dan nelayan itu jumlahnya hanya kecil," tuturnya.

Program Hapus Kredit Macet Petani dan Nelayan tersebut juga telah dicanangkan dalam 21 program unggulan Ganjar-Mahfud untuk mengurangi beban ekonomi petani dan nelayan yang terjebak cicilan bulanan. Sementara pendapatan mereka tidak menentu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement