Kamis 25 Jan 2024 10:02 WIB

Gampong di Pulo Aceh Jadi Desa Energi Berdikari

Desa energi berdikari tingkatkan ekonomi masyarakat.

Mahasiswa USK pelaksana program Desa energi berdikari melakukan foto bersama
Foto: Antara
Mahasiswa USK pelaksana program Desa energi berdikari melakukan foto bersama

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Desa atau Gampong Lampuyang, Kecamatan Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar, menjadi salah satu desa energi berdikari yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan dan memberikan solusi energi berkelanjutan ke masyarakat setempat.

“Program Desa Energi Berdikari juga bagian menjawab permasalahan masyarakat nelayan terkait penerangan saat melaut pada saat malam hari,” kata Koordinator Desa Energi Berdikari USK Fathia Zahira di Banda Aceh, Rabu (25/1/2024).

Baca Juga

Dalam mengatasi persoalan tersebut mereka menghadirkan solusi berupa sarana pengisian baterai penerangan menggunakan tenaga surya yang dapat meningkatkan kesejahteraan dan efisiensi dalam aktivitas penangkapan ikan para nelayan.

“Pemilihan panel surya sebagai sumber konversi energi, sebab matahari termasuk sebagai sumber energi hijau yang minim emisi, berbeda dengan sumber energi konvensional lainnya,” katanya.

Program Desa Energi Berdikari yang melibatkan sebanyak 21 mahasiswa Universitas Syiah Kuala dalam program pengabdian masyarakat di Pulo Aceh, Aceh Besar merupakan kolaborasi Pertamina Foundation dan USK.

"Kolaborasi Pertamina Foundation dan Universitas Syiah Kuala melalui Program Desa Energi Berdikari tidak hanya menciptakan inovasi teknologi, tetapi juga memberikan dampak positif bagi masyarakat lokal. Semoga keberhasilan program ini dapat menjadi inspirasi bagi kolaborasi serupa di berbagai daerah di Indonesia," kata Fathia.

Dalam melaksanakan pengabdian tersebut, pihaknya tidak hanya fokus pada instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), tapi juga terlibat dalam sub-program sosial seperti sosialisasi kesehatan untuk ibu-ibu di sekitar Desa Lampuyang, edukasi semangat kuliah bagi siswa SMA dan aksi beach clean up melibatkan siswa dari SD Negeri Lampuyang dan SMA Negeri 2 Pulo Aceh.

"Kami berharap dengan adanya kerja sama dan dukungan ini, program Desa Energi Berdikari dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi yang berkelanjutan bagi masyarakat yang membutuhkan," katanya.

Camat Pulo Aceh Jamaluddin menyampaikan apresiasi terhadap kehadiran Program Desa Energi Berdikari di kecamatan tersebut karena memberikan manfaat dan dampak positif.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement