Sabtu 20 Jan 2024 23:07 WIB

Warga Sulut Diminta Waspada Cuaca Ekstrem Hujan Lebat

Warga di wilayah berisiko bencana diminta waspada.

Hujan mulai mengguyur Kota Manado dan sekitarnya setelah ditutupi awan gelap.
Foto: ANTARA/Karel A Polakitan
Hujan mulai mengguyur Kota Manado dan sekitarnya setelah ditutupi awan gelap.

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta warga agar mewaspadai potensi hujan lebat yang dapat disertai angin kencang di wilayah Sulawesi Utara (Sulut).

"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca hingga 23 Januari 2023," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Ben A Molle di Manado, Sabtu (20/1/2024).

Baca Juga

Potensi cuaca ekstrem hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang tersebut diperkirakan terjadi di sebagian besar wilayah di provinsi yang memiliki 15 kabupaten dan kota tersebut. Warga yang bermukim di daerah-daerah berisiko bencana seperti tebing, pegunungan, daerah cekungan, dan bantaran sungai agar mewaspadai bencana banjir, tanah longsor, dan pohon tumbang.

Dia berharap warga dan para pemangku kepentingan mengakses informasi dan data terverifikasi yang bersumber dari BMKG.

Dia menyebutkan pada 21 Januari cuaca ekstrem diperkirakan terjadi di wilayah Kota Manado, Kabupaten Minahasa Selatan, Kota Kotamobagu, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Kepulauan Sitaro, dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Pada 22 Januari, cuaca ekstrem berpeluang terjadi di Kota Manado, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Kepulauan Sitaro, dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Selanjutnya, pada 23 Januari diprediksi terjadi di Kota Manado, Kota Bitung, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, dan Kabupaten Kepulauan Sitaro.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement