Senin 15 Jan 2024 20:04 WIB

Stok Darah Menipis, PMI Minta Warga Depok Donor Darah

Stok golongan darah AB tinggal empat labu.

Petugas menunjukkan kantong donor darah di UTD PMI Depok, Depok, Jawa Barat, Selasa (14/6/2022).
Foto: ANTARA/Asprilla Dwi Adha
Petugas menunjukkan kantong donor darah di UTD PMI Depok, Depok, Jawa Barat, Selasa (14/6/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok Jawa Barat mengimbau masyarakat agar secara sukarela mendonorkan darah untuk mengatasi kekurangan stok. Persediaan darah saat ini mulai menipis.

Ketua PMI Kota Depok Dudi Mi’raz mengatakan saat ini permintaan darah semakin banyak. Untuk antisipasi, warga diimbau melakukan donor darah.

Baca Juga

"Donor darah yang dibutuhkan khususnya untuk golongan AB yang saat ini stoknya tinggal empat labu darah," kata Dudi, Senin (15/1/2024).

Ia mengatakan, permintaan darah tidak hanya dari Kota Depok saja, tetapi juga dari luar daerah, seperti Jakarta, Bogor dan sebagainya. Ia tidak bisa menolak permintaan tersebut atas dasar kemanusiaan.

"Siapa pun yang meminta, tidak bisa kita tolak. Sekarang yang terpenting kebutuhan stok darah," ujarnya.

"Jumlah stok darah per hari ini tersisa golongan darah A 18 labu, B 23 labu, AB empat labu dan O 41 labu. Jumlah ini terus menurun seiring meningkatnya permintaan," katanya.

Dudi menjelaskan, untuk masyarakat yang ingin mendonorkan darah, bisa mendatangi Markas PMI Kota Depok, di Jalan Boulevard Raya, Grand Depok City (GDC). Jam operasionalnya masih sama dengan hari biasa, yaitu pukul 08.00-20.30 WIB.

"Besar harapan kami, masyarakat mau datang langsung dan secara sukarela mendonorkan darahnya," kata Dudi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement