Ahad 14 Jan 2024 13:15 WIB

Festival Bau Nyale di Mandalika Berlangsung 29 Februari-1 Maret 2024

Bau Nyale merupakan acara adat terkait legenda tentang Putri Mandalika.

Festival Pesona Bau Nyale: Sejumlah warga meninggalkan pantai usai menangkap Nyale (cacing laut warna-warni) pada Festival Pesona Bau Nyale 2019 di pantai Seger Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang dikelola Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) di Kuta, Praya, Lombok Tengah, NTB, Senin (25/2/2019).
Foto:

Sementara itu, Wakil Bupati Kabupaten Lombok Tengah HM Nursiah mengatakan Sangkep Warige Bau Nyale telah dilaksanakan dan diputuskan pada tanggal 20 bulan 10 penanggalan Sasak. Tanggal itu bertepatan dengan 29 Februari dan 1 Maret 2024.

"Hasil Sangkep Warige menjadi dasar pemerintah daerah melanjutkan kegiatan penyambutan Bau Nyale 2024," katanya.

Nursiah menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para pemangku adat dan tokoh agama maupun tokoh pemuda yang telah melaksanakan Sangkep Warige tersebut berdasarkan hasil kajian tanda-tanda alam. Dengan begitu, tidak terjadi perbedaan pendapat dalam waktu penentuan puncak Bau Nyale.

"Allhamdulillah hasilnya telah diputuskan. Pemerintah daerah mendukung keputusan tersebut," katanya.

Hal itu akan menjadi dasar program yang akan dilaksanakan dalam rangka ajang Bau Nyale 2024. Bau Nyale ini diharapkan bisa memberikan dampak bagi pertumbuhan ekonomi dan peningkatan pariwisata di Lombok Tengah.

"Program kegiatan Bau Nyale akan disesuaikan, sehingga bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat," katanya.

Bau Nyale merupakan suatu acara adat yang muncul berkat sebuah legenda tentang Putri Mandalika yang rela berkorban untuk kepentingan masyarakat. Masyarakat mempercayai bahwa nyale adalah jelmaan dari Putri Mandalika.

Dan sebagai bentuk penghormatan, diadakan ritual adat setiap tanggal 20 pada bulan 10 (menurut perhitungan Kalender Sasak), bertepatan dengan waktu di mana Putri Mandalika menghilang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement