Sabtu 13 Jan 2024 20:50 WIB

Bikin Geleng Kepala, Fortuner Menerobos Banjir Hingga Mogok di Dayeuhkolot

Fortuner mogok saat menerobos banjir setinggi dada orang dewasa

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Rekaman video yang memperlihatkan mobil Fortuner memaksa untuk melintasi Jalan Dayeuhkolot- Baleendah, Kabupaten Bandung yang terendam banjir bikin geleng-geleng kepala hingga viral di media sosial.
Foto: Dok Republika
Rekaman video yang memperlihatkan mobil Fortuner memaksa untuk melintasi Jalan Dayeuhkolot- Baleendah, Kabupaten Bandung yang terendam banjir bikin geleng-geleng kepala hingga viral di media sosial.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Rekaman video yang memperlihatkan mobil Fortuner memaksa untuk melintasi Jalan Dayeuhkolot- Baleendah, Kabupaten Bandung yang terendam banjir bikin geleng-geleng kepala hingga viral di media sosial.

Peristiwa tersebut diduga terjadi pada Jumat (12/1/2024) saat banjir merendam jalan dengan ketinggian mencapai dada orang dewasa.

Seperti diketahui, hujan deras yang terjadi sejak Kamis (11/1/2024) sore hingga malam menyebabkan air Sungai Citarum meluap ke pemukiman dan jalan, Jumat (12/1/2024). Ketinggian banjir di pemukiman bervariasi sedangkan di jalan Dayeuhkolot- Baleendah mencapai dada orang dewasa.

Pengendara motor dan mobil tidak bisa melintasi jalan tersebut. Mereka terpaksa memutar ke Jalan Bojongsoang agar bisa melintas ke Kota Bandung atau sebaliknya ke Baleendah atau Banjaran.

Kendaraan besar pun tidak dapat melintasi jalan Dayeuhkolot- Baleendah yang terendam. Hanya pejalan kaki atau delman yang nekat menerobos banjir tersebut dengan separuh badan dipastikan terendam air.

Namun, dalam rekaman video yang ditonton, terlihat mobil Fortuner berwarna putih datang dari arah Jembatan Citarum Baleendah. Mobil tersebut memaksa melintasi banjir yang merendam Jalan Dayeuhkolot.

Sejumlah pengendara motor dan warga yang tengah berdiri di jembatan sempat mengingatkan dan menyoraki mobil tersebut. Bahkan, beberapa orang merekam aksi pengemudi mobil yang menerobos banjir.

Namun, pengemudi mobil Fortuner tidak memperdulikan imbauan tersebut dan terlihat tetap melaju di jalan yang terendam. Mobil melaju belasan meter hingga separuh bodinya terendam banjir.

Setelah itu, mobil pun akhirnya terhenti karena mogok. Mesin mobil terlihat terendam banjir. Warga yang melihat kejadian itu langsung menyoraki pengemudi bahkan kesal dengan aksinya tersebut.

Saat dikonfirmasi, Kapolsek Dayeuhkolot Kompol Suyatno mengaku belum menerima laporan dari masyarakat tentang adanya mobil yang mogok dan terjebak di area banjir di Jalan Dayeuhkolot. Padahal, ia menuturkan memantau banjir seharian pada Jumat (12/1/2024) kemarin.

"Nggak ada yang laporan, saya dari kemarin ada di kantor," ucap dia saat dikonfirmasi, Sabtu (13/1/2024).

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui nasib pengemudi dan mobil tersebut yang mogok di area banjir. Pada Sabtu (13/1/2024) pagi banjir di Jalan Dayeuhkolot perlahan surut dan tersisa genangan. Kendaraan roda dua dan empat sudah dapat melintas.

"Dari kemarin di awal banjir, lewat medsos polsek sudah imbau untuk mencari jalan alternatif. Jangan memaksakan situasi yang tidak mungkin di paksa ,biar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement