Sabtu 13 Jan 2024 14:17 WIB

Deretan Kasus Korupsi BUMN yang Dibongkar Erick Thohir

Erick tak segan memecat bos-bos BUMN yang tersangkut kasus korupsi.

Menteri BUMN Erick Thohir menjawab berbagai pertanyaan wartawan terkait isu soal BUMN di Jakarta, Selasa (19/12/2023).
Foto:

5. BUMN Karya

Erick menyampaikan langkah transformasi dan bersih-bersih ditujukan kepada seluruh BUMN, tak terkecuali BUMN yang bergerak di bidang infrastruktur atau karya. Erick pun menggandeng Kejaksaan Agung, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), TNI, Polri, hingga Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mewujudkan tata kelola perusahaan BUMN karya bersih dan profesional.

Selama ini, Erick sampaikan, pihaknya selalu memiliki cita-cita untuk menjadikan BUMN sebagai perusahaan berstandar internasional dan mampu bersaing secara global. Menurut Erick, hal tersebut hanya dapat dicapai apabila para pemimpin dan karyawan BUMN bersih dari kasus hukum.

Sebagai negara berkembang, ucap Erick, pembangunan infrastruktur memberikan peranan yang sangat penting untuk memacu pertumbuhan ekonomi, baik di tingkat nasional maupun daerah, serta mengurangi pengangguran, mengentaskan kemiskinan dan tentunya meningkatkan kesejahteraan rakyat. "Oleh karena itu, upaya penyehatan dan pengembangan BUMN karya masih sangat diperlukan untuk Indonesia yang lebih baik," kata Erick.

Erick juga mendukung langkah penegakan hukum yang dilakukan Kejagung saat menetapkan Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Destiawan Soewardjono sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam penyimpangan penggunaan fasilitas pembiayaan dari beberapa bank.

"Kementerian BUMN menghormati proses hukum yang berlaku. Peristiwa ini sudah sepatutnya juga menjadi peringatan kepada BUMN lain untuk benar-benar bekerja secara profesional dan transparan sesuai dengan peta jalan yang telah ditetapkan," ujar Erick di Jakarta, Sabtu (29/4/2023).

Erick menyampaikan pemerintah juga akan membentuk panitia khusus (pansus) untuk menangani permasalahan di BUMN Karya. Hal ini bertujuan agar kasus korupsi yang terjadi di BUMN karya tidak terulang kembali serta merugikan masyarakat dan negara. 

“Saya kemarin sudah bilang sama Komisi VI, kalau perlu kita bikin pansus, kita penjarakan orang-orang itu karena menyusahkan orang kecil," kata Erick pada September 2023.

photo
Waspadai berbagai modus penipuan atas nama BUMN. - (Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement