Sabtu 30 Dec 2023 19:25 WIB

Antisipasi Macet di Bandara Ngurah Rai, Kemenhub Sediakan Shuttle Bus Gratis

Kemacetan parah di Tol Mandara membuat penumpang pesawat jalan kaki ke bandara.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Erik Purnama Putra
Penumpang pesawat berjalan di Tol Bali Mandara setelah mobil yang ditumpanginya terjebak kemacetan saat menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai di Kabupaten Badung, Bali, Jumat (29/12/2023).
Foto: ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Penumpang pesawat berjalan di Tol Bali Mandara setelah mobil yang ditumpanginya terjebak kemacetan saat menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai di Kabupaten Badung, Bali, Jumat (29/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bekerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Bali menyediakan shuttle bus gratis. Hal itu mengantisipasi terjadinya kemacetan kendaraan menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Bali.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Hendro Sugiatno mengatakan, pihaknya melakukan sejumlah langkah antisipasi untuk kelancaran arus lalu lintas di ruas tersebut. Hal itu merespons video viral penumpang terjebat macet dan berjalan kaki di Tol Mandara akibat kendaraan mengular menuju bandara.

"Mulai sore ini (30/12) pukul 16.00 WITA, akan disediakan shuttle bus gratis dengan melakukan pemindahan operasi Trans Sarbagita dan Trans Metro Dewata," kata Dirjen Hendro, dikutip dari keterangan pers yang diterima di Jakarta, Sabtu (30/12/2023).

Adapun rute shuttle bus adalah Simpang Pesanggaran-Bandara, Nusa Dua-Bandara, dan Sentral Parkir-Bandara. Titik pemberangkatan disediakan di Akses Jalan Tol Pesanggaran, Sentral Parkir Nusa Dua, dan Sentral Parkir Kuta. Hendro menyampaikan, shuttle bus akan beroperasi hingga 1 Januari 2024 dimulai pukul 16.00 hingga 24.00 WITA dengan lima armada.

"Kami menyediakan armada dengan kapasitas per bus untuk 20 penumpang dan diharapkan wisatawan dapat memanfaatkan shuttle bus gratis ini dan membantu mengurai kemacetan," kata Hendro.

Trans Metro Dewata merupakan Teman Bus dengan tipe layanan buy the service yang disediakan Ditjen Perhubungan Darat dan Trans Sarbagita dikelola oleh Pemprov Bali. Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Bali Bersama Dishub Bali juga akan melakukan beberapa langkah antisipasi untuk mencegah kemacetan.

Apabila mulai terjadi kepadatan tinggi di bundaran Ngurah Rai akan dilakukan pengalihan sebagian lalu lintas ke arah jalan tol Bali Mandara."Agar dapat dipastikan juga, tidak ada kemacetan pada akses Krisna Oleh-Oleh By Pass Ngurah Rai," lanjut Hendro.

Dia berharap, langkah antisipasi tersebut dapat dimanfaatkan para pengguna kendaraan dan juga wisatawan yang menikmati liburan di Pulau Dewata. Hal itu merespons tingginya wisatawan yang datang ke Bali pada liburan Nataru 2023/2023.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement