Kamis 28 Dec 2023 23:12 WIB

Harga Cabai di Cianjur Masih Tinggi Imbas Panen Minim

Harga cabai di pasaran Cianjur sekitar Rp 85 ribu per kilogram.

Harga cabai tinggi.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Harga cabai tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian (Diskuperdagin) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat mencatat harga cabai di pasar tradisional di daerah itu masih tinggi. Hal ini disebabkan minimnya hasil panen dampak faktor cuaca.

Kepala Diskuperdagin Cianjur Komarudin mengatakan, menjelang pergantian tahun, harga cabai rawit di pasaran masih tinggi sekitar Rp 85 ribu per kilogram dari harga normal Rp 60 ribu per kilogram.

Baca Juga

"Untuk harga kebutuhan pangan seperti cabai rawit dan cabai merah masih tinggi karena minimnya hasil panen petani sehingga berbagai upaya termasuk memberikan bibit cabai untuk warga dilakukan pemerintah daerah guna menekan harga," katanya, Kamis (28/12/2023).

Dia menjelaskan, selama ini Pemkab Cianjur, meminta warga menanam cabai di pekarangan dan lahan telantar di lingkungan tempat tinggal. Ini guna menekan kenaikan harga dan menahan laju inflasi ketika stok di pasaran minim seperti satu tahun terakhir.

 

Sedangkan untuk harga barang kebutuhan pokok dan barang penting lainnya masih terpantau normal dan diperkirakan stok yang ada mencukupi hingga awal tahun depan seperti beras, minyak goreng, tepung terigu, dan gula.

"Kami juga melakukan langkah antisipasi agar kenaikan harga kebutuhan pangan tidak sampai meroket dengan menggelar pasar murah di setiap kecamatan yang ada di Cianjur, melibatkan distributor atau agen besar serta petani di Cianjur," katanya.

Ia memperkirakan di awal Maret harga cabai akan mengalami penurunan yang cukup tinggi seiring tingginya hasil panen petani di sejumlah wilayah termasuk di Cianjur melalui program menanam cabai di pekarangan rumah.

"Berbagai program untuk menekan kenaikan harga akan terus digelar setiap pekan di setiap kecamatan yang ada di Cianjur, minimal dapat menstabilkan harga kebutuhan pangan yang selama ini terus merangkak naik," katanya.

Pedagang di Pasar Induk Pasirhayam Cianjur mengatakan kenaikan harga cabai sudah terjadi sejak pertengahan tahun 2023. Sebelumnya, harga sempat naik namun kembali normal menjelang pertengahan tahun.

"Sampai hari ini harga cabai rawit dan cabai merah masih tinggi berkisar antara Rp 70 ribu sampai Rp 85 ribu per kilogram, sedangkan kebutuhan pangan lainnya masih normal meski mengalami kenaikan tidak sampai melambung," kata pedagang cabai Ikbal Arozi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement