Selasa 26 Dec 2023 18:36 WIB

BMKG Peringatkan Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan, Ini Perinciannya

Cuaca ekstrem akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nashih Nashrullah
Cuaca buruk. (ilustrasi) Cuaca ekstrem akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Cuaca buruk. (ilustrasi) Cuaca ekstrem akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis prediksi cuaca wilayah dalam sepekan ke depan. 

Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto mengatakan BMKG mengimbau masyarakat dan instansi terkait agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat yang disertai dengan kilat atau petir dan angin kencang hingga sepekan ke depan.

Baca Juga

"Provinsi Jawa Barat masih berpotensi hujan sedang hingga lebat. Hal ini terutama pada siang hingga malam hari yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang," demikian dikutip dari rilis pers, Selasa (26/12/2023).

Khusus untuk daerah bertopografi curam/bergunung/tebing atau rawan longsor dan banjir agar tetap waspada terhadap dampak yang ditimbulkan akibat cuaca ekstrem. Itu seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang dan berkurangnya jarak pandang.

Adapun prakiraan berbasis dampak atau IBF (impact based forecast) dengan kategori waspada untuk tiga hari ke depan antara lain, sebagai berikut:

  1. 26 Desember 2023: di Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kep. Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Kep. Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Papua Barat dan Papua
  2. 27 Desember 2023 : di Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kep. Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Bengkulu, Kep. Bangka Belitung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Di Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Papua
  3. 28 Desember 2023 : di Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, Kep. Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, dan Papua     

Baca juga: Alquran Abadikan Tingkah Laku Yahudi yang Bodoh tapi Berlagak Pintar

Informasi IBF Kategori Siaga untuk tiga hari ke depan, antara lain:

  • 26 Desember 2023 : di Aceh, Sumatra Utara, Riau dan Kalimantan Barat.
  • 27 Desember 2023 : di Aceh, Sumatra Utara dan Riau
  • 28 Desember 2023 : di Aceh, Sumatra Utara dan Riau.

Akses informasi cuaca dan peringatan dini cuaca lebih lengkap dapat diakses di apps @InfoBMKG dan website https://bmkg.go.id. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement