Senin 25 Dec 2023 17:48 WIB

Pengunjung Padati Taman Satwa Cikembulan Garut Saat Libur Natal

Harga tiket masuk tetap, yakni Rp 30 ribu per orang.

Suasana pengunjung ke Taman Satwa Cikembulan Kabupaten Garut.
Foto: Taman Satwa Cikembulan.
Suasana pengunjung ke Taman Satwa Cikembulan Kabupaten Garut.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Taman Satwa Cikembulan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, dipadati pengunjung dari sejumlah daerah di Jawa Barat untuk mengisi libur panjang akhir pekan dan Hari Raya Natal 2023.

"Musim libur tahun ini lebih ramai dibandingkan dengan tahun lalu, karena mungkin sekarang sudah cukup bebas, tidak ada pembatasan karena Covid," kata Penanggung Jawab Taman Satwa Cikembulan Wili Ariesta saat ditemui di kawasan wisata tersebut di Kecamatan Kadungora, Garut, Senin (25/12/2023).

Baca Juga

Ia menuturkan pada musim libur panjang Natal 2023 tempat wisata tersebut ramai diserbu pengunjung dari berbagai daerah sejak Sabtu (24/12/2023). Saat libur Natal ini juga masih banyak pengunjung yang datang.

Tingkat kunjungan wisatawan mencapai seribuan orang, terutama puncaknya saat Ahad (24/12/2023). Wisatawan datang dari beberapa daerah, tidak hanya asal Garut, tapi juga dari Bandung, Jakarta, kemudian daerah tetangga seperti Tasikmalaya dan Sumedang.

"Tingkat kunjungan mulai meningkat dibandingkan hari-hari biasa sejak Sabt, dan Ahad itu puncaknya mencapai seribuan pengunjung," katanya.

Ia menyampaikan Taman Satwa Cikembulan sudah mempersiapkan diri untuk menyambut musim libur panjang Natal dan Tahun Baru yang diprediksi akan terus ramai kunjungan wisatawan sampai 1 Januari 2024.

Sejumlah atraksi satwa yang dapat menghibur dan mengedukasi pengunjung juga disiapkan seperti aksi memberi pakan pada satwa liar, kemudian atraksi burung yakni kegiatan Bird Edutainment.

"Kami latih burung untuk menyuguhkan hiburan dan edukasi bagi pengunjung, memperkenalkan jenis satwa, dan juga edukasi tentang lingkungan," kata Wili.

Ia menyebutkan koleksi satwa di Taman Satwa Cikembulan cukup banyak, terdapat 397 ekor dari 111 spesies, seperti berbagai jenis ular, burung, kera, rusa, bahkan satwa liar seperti macan, harimau, singa, dan sebagainya.

Terkait tiket masuk, harganya tetap seperti pada musim libur sebelumnya. Tidak ada kenaikan saat momentum libur Natal dan tahun baru.

"Tiket masih tetap Rp 30 ribu, dan ini diprediksi kondisi ramai sampai nanti tahun baru," katanya.

Salah seorang pengunjung dari Kabupaten Bandung Barat Anisa mengatakan sengaja berwisata ke Taman Satwa Cikembulan untuk mengisi hari libur panjang Natal sekaligus berkunjung ke rumah orang tua di Garut.

"Ya, sengaja datang ke Taman Satwa Cikembulan untuk liburan membawa anak-anak, sekalian ke Garut ke rumah orang tua," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement