Senin 25 Dec 2023 15:04 WIB

Kapolda Jamin Natal di Maluku Utara Aman

Penyisiran telah dilakukan di berbagai wilayah.

Ibadah Malam Natal (ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/Didik Suhartono
Ibadah Malam Natal (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TERNATE -- Kapolda Maluku Utara (Malut) Irjen Pol. Midi Siswoko menjamin pelaksanaan perayaan Natal di Maluku Utara berjalan aman dan damai, setelah ada sterilisasi tiga gereja yang dilakukan oleh Gegana, Satbrimob Polda Maluku Utara di Kota Ternate, Ahad (24/12/2023). 

"Peninjauan tiga gereja di Ternate sekaligus sterilisasi gereja yang dilakukan oleh Sat Brimob tersebut bertujuan untuk memberikan jaminan keamanan saat pelaksanaan ibadah Natal dan ini adalah kegiatan rutin yang dilakukan untuk memberikan pelayanan, terutama keamanan kepada saudara kita umat Kristiani yang melaksanakan ibadah," kata Kapolda Malut, Irjen Pol Midi Siswoko di Ternate. 

Baca Juga

Selain sterilisasi, menurut Kapolda, pihaknya juga melakukan pengamanan gereja yang melibatkan TNI.

"Selain TNI, pengamanan juga dibantu oleh rekan-rekan dari Banser dan Binda," kata Kapolda.

 

Menurut Kapolda, pengamanan gereja ini melibatkan 920 anggota dari Polda dan Polres jajaran. Jumlah 920 yang diterjunkan itu, khusus dari Polda saja sebanyak 225 personel, karena hanya membackup Polres jajaran termasuk Ternate.

Bahkan, kata Kapolda, pihaknya juga membangun sejumlah pos pengamanan dan pos pelayanan yang dibagi di beberapa titik dalam wilayah Kota Ternate.

"Pos pengamanan dan pelayanan itu, kita fokus di Bandara, pasar, pelabuhan maupun lokasi-lokasi keramaian lainnya," ujarnya.

Untuk itu, dia mengimbau, kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi kamtibmas di Maluku Utara sehingga perayaan natal dapat dilaksanakan dengan damai.

"Saya juga minta, masyarakat hntuk tidak mudah terpengaruh atau terpancing dengan informasi yang tidak benar yang tersebar di media sosial," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement