Senin 25 Dec 2023 13:21 WIB

Akuisisi Bank Muamalat demi Kemaslahatan Umat

Sesungguhnya seorang mukmin dengan mukmin lainnya seperti satu bangunan.

Pekerja menunjukkan aplikasi Bank Muamalat.
Foto:

Harapan Masa Datang

Akuisisi Bank Muamalat oleh BTN Syariah akan berdampak pada penguatan organisasi bank syariah, yang pada awalnya beroperasi dengan resource terbatas, menjadi organisasi yang besar, kuat, sehat dan efektif. Harapannya, bank syariah yang sekarang berjumlah 13 bank syariah dalam bentuk BUS dan 20 buah bank syariah dalam bentuk UUS akan menjadi kekuatan besar lembaga keuangan syariah yang ideal.

Salah satu cara yang mungkin dapat dilakukan agar lembaga keuangan syariah tumbuh dan berkembang menjadi lembaga yang kuat adalah dengan melakukan merger atau akuisisi. Konsolidasi dalam bentuk merger dan akuisisi akan berdampak mengerucutnya jumlah bank syariah yang ada pada saat ini menjadi sekitar 5 hingga 10 bank besar pada masa datang.

Selain itu, penggabungan dua entitas lembaga keuangan bank yang terbentuk diharapkan mampu memberikan harapan dan kekuatan baru untuk mengembangkan share bank syariah, setidaknya mencapai double digit, yaitu market share di atas 10 persen pada industri perbankan. Seperti kata pepatah, “bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh” atau penggalan hadits yang ditulis diawal, “Sesungguhnya seorang mukmin dengan mukmin lainnya seperti satu bangunan yang saling menguatkan satu sama lain".

Maka bersatunya BTN Syariah dan Bank Muamalat akan membawa harapan baru bagi lembaga keuangan syariah untuk terus berkembang dan melakukan penguatan. Sehingga bergabungnya dua bank tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat dan berperan optimal dalam perekonomian bangsa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement