Ahad 24 Dec 2023 16:24 WIB

TMII Tambah Bus Listrik dan Perluas Parkir Saat Puncak Libur Nataru

Bus listrik untuk mengantar pengunjung berkeliling di dalam kawasan TMII.

Pengunjung mengantre untuk menaiki bus wisata di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Ahad (20/11/2022).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pengunjung mengantre untuk menaiki bus wisata di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Ahad (20/11/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menerapkan langkah antisipasi seperti penambahan bus listrik dan perluasan area parkir guna memberikan kenyamanan kepada pengunjung saat puncak libur Natal 2023 dan perayaan Tahun Baru 2024.

VP Marketing Communication TMII Erika Silviana mengatakan sebagai langkah antisipasi terhadap lonjakan pengunjung, pihaknya menambah sejumlah fasilitas, di antaranya angkutan keliling bus listrik untuk mengantar pengunjung berkeliling di dalam kawasan TMII.

Baca Juga

“Kami ada beberapa tambahan fasilitas yang pertama itu ada bus. Jadi, ada bus listrik. Biasanya kalau pengunjung yang datang ke Taman Mini ada Angling atau angkutan keliling yang berbasis listrik karena kita sekarang konsepnya ecopark,” kata Erika, Ahad (24/12/2023).

Dia menyampaikan konsep ecopark TMII semakin terlihat dengan penambahan unit bus listrik untuk mendukung mobilitas pengunjung. Erika menuturkan TMII juga menyiapkan bus besar yang mampu mengangkut hingga 40 orang untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung.

 

Layanan tersebut untuk angkutan antar-jemput gratis dari Stasiun LRT TMII dengan menggunakan shuttle Blue Bird. Bus ini diharapkan menjadi opsi transportasi nyaman bagi para pengunjung.

“Bus Blue Bird yang akan mengangkut pengunjung dari stasiun LRT ke Taman Mini dan itu free. Total angkutan keliling hampir sekitar 35 unit bus,” ucap Erika.

Langkah lainnya yang dilakukan dalam mengantisipasi membeludaknya jumlah pengunjung adalah penambahan sejumlah fasilitas toilet portabel. Selain itu, tindakan proaktif dilakukan dengan menambah kapasitas parkir di dalam kawasan TMII dan bekerja sama dengan pihak terkait di sekitar area TMII untuk meningkatkan kapasitas parkir.

Dalam hal keamanan, TMII berkolaborasi dengan ]kepolisian dan TNI setempat untuk memastikan keamanan pengunjung selama berada di kawasan TMII. Erika menyampaikan pengunjung TMII juga akan disambut dengan pusat informasi di gerbang pintu masuk. Customer service siap membantu memberikan informasi terkait acara dan kegiatan di TMII.

Sistem informasi Ecopark TMII semakin ditingkatkan dengan adanya barcode yang memungkinkan pengunjung mendapatkan informasi tanpa menggunakan brosur fisik, cukup dengan memindai barcode. Dengan berbagai peningkatan fasilitas dan pelayanan ini, TMII berharap pengunjung dapat menikmati liburan Natal mereka tanpa hambatan, sambil merasakan kenyamanan dan keamanan yang diutamakan oleh pengelola TMII.

Antrean kendaraan merayap dengan panjang sekitar 50 meter terjadi di gerbang masuk Taman Mini Indonesia Indah (TMII) selama puncak libur Natal 2023. Kondisi ini telah terlihat sejak pukul 08.00 WIB dan melibatkan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Antrean yang terjadi pada jalur roda dua dan roda empat memiliki panjang yang hampir sama sehingga menciptakan situasi yang membutuhkan kesabaran dari para pengguna jalan. “Kita sebenarnya targetnya di awal 300 ribu pengunjung, cuma sepertinya akan lebih dari itu, tapi memang sebenarnya kita bukan angka tapi kita kepada kepuasan pengunjung,” kata Erika.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement