Sabtu 23 Dec 2023 21:31 WIB

Siti Atikoh Ganjar Serap Aspirasi Warga Disabilitas di Jakarta

Ia tidak sungkan berinteraksi satu persatu dengan warga.

Siti Atikoh, istri dari Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo terlihat sangat lembut dan bersemangat dalam menyerap aspirasi disabilitas usai jalan sehat dan piknik bersepeda gowes heritage di Rumah Apirasi Ganjar-Mahfud Presiden 2024/Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres (TKRPP) PDI Perjuangan, Jln. Pangeran Diponegoro No 72, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (23/12/2012) pagi.
Foto: Dok. Tmg
Siti Atikoh, istri dari Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo terlihat sangat lembut dan bersemangat dalam menyerap aspirasi disabilitas usai jalan sehat dan piknik bersepeda gowes heritage di Rumah Apirasi Ganjar-Mahfud Presiden 2024/Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres (TKRPP) PDI Perjuangan, Jln. Pangeran Diponegoro No 72, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (23/12/2012) pagi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Siti Atikoh, istri dari Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo terlihat sangat lembut dan bersemangat dalam menyerap aspirasi disabilitas usai jalan sehat dan piknik bersepeda gowes heritage di Rumah Apirasi Ganjar-Mahfud Presiden 2024/Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres (TKRPP) PDI Perjuangan, Jln. Pangeran Diponegoro No 72, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (23/12/2012) pagi.

Ibunda dari Muhammad Zinedine Alam Ganjar tersebut tidak sungkan berinteraksi satu persatu dengan penyandang disabilitas, seraya memeluk, menyentuh, menyalami, dengan kontak mata yang penuh ketulusan dan berhadapan wajah. Hal tersebut tentu tidak mudah lantaran penyandang disabilitas sensorik netera mengacu pada gangguan fungsi pikir, emosi, dan psikologis. Siti Atikoh mampu merajut percakapan dalam cara yang ramah, berbicara langsung dan banyak tersenyum.

Baca Juga

Saat berdiskusi, dia menyambut baik adanya sejumlah gagasan untuk kaum disabilitas. Misalnya saja, pembentukan Kementerian Pemberdayaan Disabilitas yang disampikan salah satu peserta. Menurutnya, hal tersebut sejalan dengan salah satu visi-misi dan  program kerja Ganjar-Mahfud jika terpilih menjadi Presiden 2024.

"Saya sudah catat dan nanti disampaikan ke Mas Ganjar dan Pak Mahfud apa yang tadi menjadi aspirasi dari teman-teman semua. Yakinlah, kita akan terus bersama-sama berjuangan," kata cucu dari KH Hisyam A Karim, pendiri Pondok Pesantren PP Riyadus Sholikhin Kalijaran, Karanganyar.

"Saya juga ucapkan selamat Hari Ibu dan Hari Disabilitas. Kita para ibu sesungguhnya memiliki keistimewaan karena menjadi guru pertama bagi seorang anak agar mereka kelak menjadi sosok yang mandiri dan menjadi generasi yang tangguh. Saya sendiri bisa berbahasa isyarat.  Karena itu adalah salah satu wujud nyata, bagaimana kita memiliki keberpihakan kepada teman-teman spesial, yaitu kita bisa berkomunikasi dan menunjukkan berempati, bisa menempatkan diri," tambah alumnus Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan Universitas Tokyo tersebut.

Dilanjutkannya, Ganjar yang berpasangan dengan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Mahfud MD itu sudah memperhatikan dan peduli terhadap teman-teman penyandang disabilitas, terutama saat masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah pada periode 2013 hingga 2023. Misalnya saja, Saat Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan), selalu mengajak teman-teman penyandang disabilitas, perempuan dan anak. Semuanya, dilanjutkan siti atikoh, mendapat prioritas. Sehingga,  teman-teman penyandang disabilitas tidak diposisikan sebagai objek dan merasa dipinggirkan. Bahkan kedepannya, mendorong dan memberikan pendampingan para pelaku usaha atau UMKM khusus dari teman-teman disabilitas.

Ketua Umum Relawan Perempuan Pilih Ganjar (Pijar) Dyah Kartika Rini, mengucapkan terima kasih atas kehadiran sahabat spesial dalam rangka Hari Ibu dan Hari Disabilitas Internasional yang dikemas dengan jalan sehat, gowes dan piknik heritage.

Senada dengan Dyah, Kepala Divisi Monev dari Rumah Aspirasi Ganjar-Mahfud Presiden 2024/TKRPP Tatang Tamam, Ganjar-Mahfud memiliki komitmen dalam memperhatikan dan memberdayakan  kelompok disabilitas alias difabel. 

"Kurang lebih dari data tahun ini ada sekitar 22 juta. Ini sangat besar dan harus diberikan penanganan khusus, ditebalkan kembali komitmen negara, komitmen kita semua, supaya mereka mempunyai hak-hak yang sama dan tidak ada perbedaan dengan komunitas lainnya," ujar Tatang.

Kemudian Ketua Digma (Disabilitas Inklusi Ganjar-Mahfud) sekaligus Ketua Umum Disabilitas YDKI, Osmiyati Afarinda Nurifai berharap Ganjar-Mahfud menjadi Presiden di 2024 karena terbukti selalu mengedepankan kaum disabilitas.

Sebagai informasi, hadir pula dalam kesempatan tersebut, yaitu Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Nur Asia Uno- istri Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PPP Sandiaga Uno, Relawan Gowes Ganjar, Alumni SMA Dukung Ganjar (ASUG), serta perwakilan dari Rumah Aspirasi Anneke Irawati, Priya Bisuwara, Nita Anita, Andi Mangkonang, Renaldo Jayaprawira⁩, dan Koniaty Bayo, Abraham Leonardlee⁩ serta Albar Purnama⁩.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement