Jumat 22 Dec 2023 18:09 WIB

Bintang Pelajar Libatkan Dinas Pendidikan dan Pakar dalam Seminar Nasional Kenal UTBK SNBT

Seminar diharapkan memberikan pandangan komprehensif mengenai integrasi pendidikan.

Suasana Auditorium Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia pada Final KENAL UTBK SNBT 2024.
Foto: Bintang Pelajar
Suasana Auditorium Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia pada Final KENAL UTBK SNBT 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bintang Pelajar (BP) merupakan lembaga bimbingan belajar yang memiliki visi “Menjadi Bimbingan Belajar Islami terkemuka dan utama di Indonesia dalam mendukung kemajuan pendidikan nasional”. Untuk mendukung terwujudnya Sumber Daya Manusia Unggul yang merupakan salah satu pilar Indonesia Emas Tahun 2045, Bintang Pelajar menggelar Kompetisi Nasional Penalaran dan Skolastik (KENAL) UTBK SNBT 2024 . 

Dalam rangkaian kegiatan Babak Final KENAL UTBK SNBT 2024 di Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia (PSJ UI) pada Sabtu, 16 Desember 2023, Bintang Pelajar menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema "Road Map Pendidikan Menuju Indonesia Emas 2045”.

Menariknya, kegiatan ini melibatkan Dinas Pendidikan setempat, menunjukkan kolaborasi yang erat antara sektor swasta dan pemerintah dalam menyongsong masa depan pendidikan Indonesia. Keterlibatan Dinas Pendidikan diharapkan dapat menghasilkan kebijakan dan implementasi yang lebih baik untuk meningkatkan kualitas pendidikan di seluruh wilayah.

Para narasumber yang merupakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi atau yang mewakili, diantaranya Dr H Mithhar, SPd, MPd (Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Barat), Asqar, SE, MM (Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Provinsi Sulawesi Selatan), Drs Anwar Rusmin, MSi (Pengawas Ahli Madya Provinsi Jawa Barat), Mohamad Bayuni, SPd, MM (Kepala Bidang SMA Dinas Pendidikan Provinsi Banten), Hj Rr Niken Indah SSH, MSi (Kepala Seksi SMA dan Kebudayaan Cabang Dinas Pendidikan Tangerang Kota dan Tangerang Selatan), Serta turut hadir pula Dr Ir Hary T Budhyono, MBA yang merupakan General Manager Bintang Pelajar.

photo
Penyerahan plakat dan sertifikat oleh General Manager Bintang Pelajar kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Barat - (Bintang Pelajar)

“Hari ini luar biasa banyak sekali informasi pengetahuan yang tentu akan menjadi bahan buat kami untuk bagaimana membangun pendidikan dari daerah kami untuk Indonesia emas di tahun 2045. Saya kira ini sangat bagus dan semoga kedepan kita bisa semakin berkolaborasi untuk bagaimana membersamai anak-anak kita untuk masa depannya lebih baik lagi,” ujar Mithhar, dalam siaran persnya.

Bukan hanya itu, Bintang Pelajar juga menghadirkan pakar parenting ternama sebagai narasumber dalam seminar ini yaitu Donny Hendrawan, SPsi, MPsy, PhD, Dosen Psikologi Universitas Indonesia, Doctor of Psychology in Environmental Studies (Psychophysiology), Lulusan Nagoya University. Beliau membahas Tips Pola Komunikasi Efektif untuk meningkatkan motivasi anak meraih Prodi PTN Impiannya. Seminar ini diharapkan dapat memberikan pandangan yang komprehensif mengenai integrasi pendidikan dan pola komunikasi yang mendukung anak-anak Indonesia dalam mencapai pendidikan ke PTN terbaik untuk berkontribusi.

Seminar nasional ini merupakan rangkaian dari kegiatan babak Final Kompetisi Nasional Penalaran Skolastik (KENAL) UTBK SNBT 2024 yang diadakan oleh Bintang Pelajar. Proses pendaftaran peserta sudah dilakukan sejak September 2023 lalu, dan 24 peserta yang masuk ke dalam babak final adalah peserta yang sudah mengikuti serangkaian babak penyisihan, mulai dari penyisihan tingkat sekolah, penyisihan tingkat wilayah dan semi final tingkat nasional dari total peserta sebanyak 35.827 siswa dari 303 sekolah di Seluruh Indonesia sejak 2 Oktober hingga 25 November 2023. Para pemenang kompetisi dari siswa dan sekolah juga akan mendapatkan hadiah uang tunai total ratusan juta rupiah, piala, medali, sertifikat, dan produk sponsor.  

Seminar diakhiri dengan diskusi bersama peserta, foto bersama dan pemberian kenang-kenangan oleh Bintang Pelajar. Keberhasilan acara ini membuktikan bahwa sinergi antara sektor pendidikan, pemerintah, dan pakar parenting dapat menciptakan perubahan positif dalam mencapai tujuan besar bangsa, tepatnya untuk menggapai Indonesia Emas 2045.

photo
Pemenang untuk Kompetisi KENAL UTBK SNBT 2024. - (Bintang Pelajar)

Berikut pemenang untuk Kompetisi KENAL UTBK SNBT 2024:

Pemenang Kategori Siswa Eksternal Tingkat Nasional Kelas 10-11 SMA

1. Ahmadinejad Alhariri - SMAIT Insan Cendekia Boarding School Payakumbuh

2. Farel Moza Putra Wintara - SMAN 5 Balikpapan

3. Muhammad Rifky Padjri - SMAN Sumatera Selatan

Pemenang Kategori Siswa Eksternal Tingkat Nasional Kelas 12 SMA

1. Ruby Umar gading - SMAIT Raudhatul Jannah Cilegon

2. Muhammad Khalish Masyur J. Patunrangi - MAN Insan Cendekia Gorontalo

3. Aisha Nurfadhilla - MAN Insan Cendekia SIAK

Pemenang Kategori Siswa Internal Tingkat Nasional Kelas 12 SMA

1. Nabila Paramita Pratomoputri - SMAN 48 Jakarta Timur

2. Dzaki Ahmad Trinindito - SMAI Al Azhar 1 Kebayoran

3. Muhammad Rafi Akbar SMA Diponegoro 1 Jakarta Timur 

Pemenang Kategori Sekolah

1. SMAIT Raudhatul Jannah Cilegon

2. SMAIT ICBS Payakumbuh

3. MAN Insan Cendekia Gorontalo

"Alhamdulillah, Kami sebagai panitia berharap bahwa kegiatan KENAL UTBK SNBT yang diikuti oleh 35.827 siswa dari 303 sekolah ini dapat menjadi jembatan bagi para siswa untuk meraih impian mereka ke PTN impian khususnya bagi kelas 12. Mengenali lebih dalam dan terbiasa dengan soal-soal berstandar UTBK SNBT," kata Suli Hendra, Ketua Pelaksana KENAL UTBK SNBT 2024.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement