Jumat 22 Dec 2023 08:14 WIB

TMII Targetkan 300 Ribu Pengunjung Selama Libur Nataru

Jumlah pengunjung TMII diperkirakan capai 25 ribu orang per hari selama Nataru.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di TMII, Jakarta Timur.
Foto: Dok Kementerian BUMN
Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di TMII, Jakarta Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur menargetkan jumlah pengunjung pada liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 mencapai 300 ribu orang. "Targetnya 300 ribu pengunjung selama pekan perayaan Natal dan tahun baru, mulai 21 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024. Mudah-mudahan dapat melebihi target," kata Direktur Operasi TMII Arie Prasetyo saat jumpa pers di TMII, Jakarta Timur, Kamis (21/12/2023).

Dia juga memperkirakan jumlah pengunjung selama pekan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 mencapai 20 ribu orang hingga 25 ribu orang per hari. Untuk mengantisipasi membludaknya jumlah pengunjung, pihaknya menambah sejumlah fasilitas toilet portabel dan moda transportasi serta kantong parkir.

Baca Juga

"Untuk kantong parkir, kami bekerjasama dengan 'stakeholder' di sekitar TMII untuk menambah kapasitas parkir dan kami mengaktivasi beberapa kantong parkir di dalam kawasan," katanya.

Total kapasitas kantong parkir yang ada di dalam kawasan bisa mencapai tiga ribuan kendaraan. "Tentunya ditambah kerja sama dengan beberapa 'stakeholder' (luar kawasan)," ujarnya.

Dengan mengangkat tema 'One There Land' yang menyajikan konsep unik dan menarik, pihaknya ingin membuat TMII menjadi impian bagi semua orang dari berbagai kalangan masyarakat yang datang pada perayaan tahun baru. TMII menjadi salah satu dari empat tujuan keramaian pusat perayaan malam tahun baru di Jakarta.

"Kami pastikan layanan keamanan, transportasi dan semuanya kami siapkan dalam menyambut tahun baru. Mudah-mudahan TMII bisa menjadi tempat yang menyenangkan buat semua orang di akhir tahun," kata Arie.

TMII pun menyelenggarakan beragam kegiatan termasuk konser musik yang dapat dinikmati oleh masyarakat untuk menyemarakkan liburan akhir tahun.

"Kegiatan ini dimeriahkan oleh puluhan musisi tanah air, podcast hingga 'stand-up comedy'," kata Direktur Utama TMII, Claudia Ingkiriwang.

Beberapa musisi pada 'line up' fase pertama di antaranya Okaay pada 23 Desember, Aruma 24 Desember, GJLS pada 25 Desember, Aldi Taher pada 25 Desember, Dikta di 27 Desember 2023, Hindia untuk 28 Desember dan lainnya.

"Line up' ini akan terus bertambah seiring berjalannya waktu acara, yang pastinya akan menambah kemeriahan acara 'One There Land'," katanya.

Selain konser 12 hari 'One There Land' yang dimeriahkan oleh musisi tanah air, TMII juga menampilkan pertunjukan musik dan tari daerah serta wayang kulit sebagai upaya pelestarian akan seni tradisi.

Terkait pertunjukan 'Dancing Fountain Tirta Cerita' yang merupakan sebuah harmonisasi perpaduan multimedia pertunjukan (show) dengan 'water screen' dan air mancur serta pencahayaan drone, yang sebelumnya rutin ditampilkan setiap hari mulai pukul 18.30 WIB, akan ditambah jam penayangannya.

"Selama pekan Natal dan tahun baru ini pertunjukan Tirta Cerita akan ada penambahan jam tayang," katanya. 

Jika biasanya hanya satu kali sehari, sekarang menjadi lima kali sehari. "Khusus pada malam tahun baru akan ada 6 kali pertunjukan dalam satu hari," ujarnya. 

'Dancing Fountain Tirta Cerita' ini merupakan pertunjukan air mancur terbesar di Jakarta dan pertunjukan air mancur dengan drone terbesar di Asia Tenggara. 

Tak hanya itu, pengunjung TMII juga dapat menikmati berbagai kegiatan rekreasi lainnya, termasuk kunjungan ke taman burung, taman reptil, menaiki kereta gantung atau piknik santai bersama keluarga dengan tersedianya banyak area terbuka hijau.

TMII juga menyiapkan beragam sajian nusantara di Festival Kuliner untuk memuaskan pengunjung dengan berbagai preferensi makanan, yakni di 'Jakarta Crunchy Area' yang khusus menyajikan segala jenis makanan produk roti (baking/pastry).

Mulai dari yang sedang viral saat ini sampai yang ter-legend di Jakarta. Selain itu, dapat ditemukan berbagai jenis minuman dari gerai kopi (coffee shop) panutan di Jakarta hingga minuman kekinian.

TMII juga menggelar kegiatan 'Skena Market Land' yang terdiri dari peragaan busana, pameran 100 UMKM, tempat bermain anak-anak dan 'stand-up comedy'.

"Dalam memberikan rasa aman bagi wisatawan yang berkunjung ke TMII, Manajemen TMII juga menggandeng pengamanan kawasan bersama unsur TNI dan Polri dengan tersedianya beberapa titik tenda/pos pelayanan keamanan serta pos kesehatan," kata Claudia. 

Selama pekan Natal dan tahun baru, jam operasional gerbang masuk TMII juga akan diperpanjang, mulai pukul 05.00-22.00 WIB. Khusus pada malam tahun baru sampai pukul 02.00 WIB. 

Manajemen TMII memberlakukan harga tiket masuk khusus selama pekan tersebut, yaitu sebesar Rp50.000 per orang. Pengunjung diimbau untuk membeli tiket secara daring (online) di www.tamanmini.com untuk menghindari antrean panjang di pintu masuk. Bagi yang menggunakan angkutan umum, terdapat Halte Bus TransJakarta tepat di pintu masuk TMII. 

"Tersedia juga layanan shuttle gratis yang langsung mengangkut pengunjung dari Lobby Stasiun LRT TMII ke Tourist Information Center TMII dan sebaliknya," ucapnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement