Selasa 19 Dec 2023 15:35 WIB

Perhatikan Ini Agar Terhindar Macet Panjang Nataru di Surabaya

JSM dengan stakeholder terkait juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Ilustrasi Kemacetan di Surabaya.
Foto: republika/mgrol100
Ilustrasi Kemacetan di Surabaya.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- PT Jasamarga Surabaya Mojokerto (JSM) selaku pengelola ruas Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) memastikan kesiapan pelayanan operasional jalan tol pada libur natal dan tahun baru 2024. Direktur Utama PT JSM, D. Hari Pratama memperkirakan, peningkatan volume kendaraan di Tol Sumo pada periode natal dan tahun baru, tepatnya mulai 18 Desember 2023 hingga 4 Januari 2024, mencapai 14,11 persen dari kondisi normal.

"Atau jika dibandingkan periode Nataru tahun lalu kenaikkannya sebesar 4,78 persen," kata Hari, Senin (18/12/2023).

Baca Juga

Hari menambahkan, sebagai upaya mengantisipasi lonjakan volume kendaraan, PT JSM telah mempersiapkan sejumlah strategi. Di antaranya dengan mempersiapkan gardu transaksi 100 persen dan perangkat pendukungnya.

PT JSM dengan stakeholder terkait juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan. Pihaknya juga telah melakukan pembersihan drainase dan membangun tanggul penahan banjir.

"Serta layanan rest area dengan memastikan kebersihan seperti kecukupan air bersih dan keberfungsian toilet fungsional di rest area, memastikan ketersediaan BBM, serta melakukan manajemen arus lalu lintas di rest area," ujarnya.

Hari pun mengimbau kepada pengguna jalan agar selalu berhati-hati dalam berkendara, mematuhi rambu-rambu, dan mengikuti arahan petugas di lapangan. Imbauan lainnya aht pengendara memastikan kecukupan perbekalan, saldo elektronik, dan BBM sebelum memasuki jalan tol agar perjalanan lebih nyaman.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement