Ahad 17 Dec 2023 17:12 WIB

14 Juta Kendaraan yang Diprediksi Masuk ke Solo, Ini Antisipasi Pemkot Surakarta

Pemkot Surakarta akan mengantisipasi terjadinya kemacetan di dalam Kota Solo.

Lalu lintas di Solo, Jawa Tengah. (ilustrasi). Pemkot Surakarta menyiapkan antisipasi lalu lintas di mana 14 juta kendaraan diprediksi memasuki Solo.
Foto: ANTARA/Maulana Surya
Lalu lintas di Solo, Jawa Tengah. (ilustrasi). Pemkot Surakarta menyiapkan antisipasi lalu lintas di mana 14 juta kendaraan diprediksi memasuki Solo.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Sekitar 14 juta kendaraan wisatawan diprediksi akan memasuki Kota Solo, Jawa Tengah, pada libur Natal dan Tahun Baru 2024. Untuk itu, Pemerintah Kota Surakarta menyiapkan berbagai antisipasi untuk mengatur lalu lintas di wilayah tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Surakarta Taufiq Muhammad mengatakan sudah menerima kajian terkait kepadatan lalu lintas pada periode libur akhir tahun. Menurut dia, dari hasil kajian tersebut diperkirakan akan ada sekitar 14 juta kendaraan yang masuk ke Solo pada periode Natal dan Tahun Baru 2024. Sedangkan untuk titik-titik tujuan para pengunjung ini utamanya di objek wisata dan pusat perbelanjaan.

Baca Juga

Oleh karena itu, pihaknya akan mengantisipasi terjadinya kemacetan di dalam Kota Solo. Ia mengatakan salah satu upaya yang dilakukan adalah mengurangi kepadatan Viaduk Gilingan dengan mengoptimalkan pembukaan Palang Joglo yang saat ini sedang dalam pengerjaan rel layang.

Selain itu, dibukanya Tol Solo-Klaten diharapkan juga dapat mengurangi jumlah kendaraan yang masuk ke Kota Solo untuk sekadar melintas. Ia mengatakan beberapa kawasan rawan padat kendaraan di dalam Kota Solo, di antaranya Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo Safari, Lokananta, Pura Mangkunegaran, Keraton Kasunanan, kawasan Pasar Gede, kawasan Pasar Klewer, Koridor Gatsu-Ngarsopuro, dan sejumlah pusat belanja modern.

Selain itu, dikatakannya, yang juga menjadi perhatian adalah terbatasnya ruang parkir di beberapa objek wisata di Solo. "Seperti Masjid Zayed yang parkirnya minim untuk bus besar, sehingga nanti kami maksimalkan di Terminal Tirtonadi," ujarnya, Ahad 917/12/2023).

Dia mengatakan, di Solo Safari akan dioptimalkan di lahan parkir Solo Summer Land. Pihaknya juga akan melengkapi dengan armada transportasi publik yang melintas di lokasi parkir agar bisa mengantar penumpang ke objek wisata yang dituju. Selain itu, pihaknya juga akan menerjunkan sejumlah petugas untuk pengaturan lalu lintas dan di lokasi-lokasi rawan macet.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement