Kamis 14 Dec 2023 18:29 WIB

Minibus Tertabrak Feeder KA Cepat di Bandung, Tiga Orang Tewas

Tiga korban tewas terdiri dari dua orang dewasa dan satu anak-anak.

Rep: Fauzi Ridwan/ Red: Teguh Firmansyah
Satu unit mobil yang ditumpangi enam orang tertabrak feeder kereta cepat Padalarang-Bandung di kilometer 142+9 pukul 12.43 Wib, Kamis (14/12/2023). Dikabarkan terdapat beberapa orang yang meninggal dunia.
Foto: Dok Republika
Satu unit mobil yang ditumpangi enam orang tertabrak feeder kereta cepat Padalarang-Bandung di kilometer 142+9 pukul 12.43 Wib, Kamis (14/12/2023). Dikabarkan terdapat beberapa orang yang meninggal dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Korban tewas dalam kecelakaan minibus Sigra tertabrak kereta feeder kereta cepat di perlintasan kereta api di Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (14/12/2023) siang berjumlah tiga orang. Sedangkan tiga  penumpang lainnya mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit.

"Betul ada kecelakaan, meninggal dunia sebanyak tiga orang dan saat ini semua korban sudah dievakuasi oleh jajaran kepolisian," ucap Kepala Dishub Kabupaten Bandung Barat Ahmad Fauzan kepada wartawan, Kamis (14/12/2023).

Baca Juga

Ia mengungkapkan, tiga orang korban yang tewas adalah dua orang dewasa dan satu orang anak-anak. Petugas saat ini masih melakukan pengecekan identitas para penumpang dan korban tewas. "Mudah-mudahan ini tidak terjadi dan tidak terulang kembali," kata dia.

Terkait dengan kondisi perlintasan kereta api tersebut, ia menyebut Pemkab Bandung Barat telah mengajukan penataan perlintasan sebidang. Sebab aktivitas di lokasi tersebut sangat tinggi penunjang kereta cepat.

"Kereta yang melintas ke perlintasan sebidang ini yang tadinya frekuensinya bisa kita hitung, kini semakin banyak karena potensi dari perjalanan kereta cepat," kata dia.

Ia menyebut ke depan diperlukan pemasangan alat kelengkapan keselamatan di perlintasan sebidang tersebut.

Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung Ayep Hanapi mengimbau masyarakat untuk berhati-hati saat melintasi perlintasan kereta api yang tidak didapati palang pintu. Ia meminta kendaraan berhenti terlebih dahulu memastikan perlintasan aman dilewati.

Ia mengatakan peristiwa minibus tertabrak kereta feeder menyebabkan gangguan terhadap perjalanan. Kereta feeder sudah ditarik menggunakan lokomotif ke stasiun Padalarang. "Kejadian pukul 12.43 Wib kejadian feeder, otomatis mengalami gangguan. Sekarang sudah ditarik pakai lokomotif ke stasiun Padalarang, pukul 13.38 Wib sudah dievakuasi sudah normal kembali," ungkap dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement